Al Quran Alkarim The Wisdom

  • Cover Al Quran Alkarim The Wisdom
Rp 199.000
Hemat Rp 39.800
Rp 159.200
Judul
Al Quran Alkarim The Wisdom
Penulis
No. ISBN
-
Penerbit
Tanggal terbit
2014
Jumlah Halaman
-
Berat
2000 gr
Jenis Cover
-
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Al-Quran
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


The Wisdom:
Menyelami Bahtera Hikmah Makna Al-Quran dengan Pendekatan Tafsir Tematis
AKHLAK IBADAH AKIDAH MUAMALAH KISAH - ILMU
Prof Dr Rosihon Anwar
Guru besar Ilmu Tafsir, UIN Bandung



Keunikan The Wisdom

Pertama, pemaparan uraian tafsir menggunakan metode tematis (mauḍū`ī) dan komparasi (muqāran). Metode pertama digunakan dalam pemilihan tema-tema tertentu, sedangkan metode kedua digunakan dalam mengkomparasikan beberapa kitab tafsir. Tidak semua ayat Al-Quran diberikan penjelasan tafsir. Hanya beberapa ayat terpilih dalam setiap surat yang diberikan penjelasan tafsir tersebut. Pemilihan ayat merujuk kepada keterwakilan enam tema utama yang terdapat dalam Al-Quran, yaitu akidah, akhlak, ibadah, ilmu, kisah, dan muamalah.

Kedua, pemaparan tema pembahasandi samping berupa terjemahan atau ringkasan dari kitab-kitab tafsirjuga dilengkapi dengan tulisan atau esai terkait yang ditulis oleh beberapa penulis. Kelengkapan ini bertujuan mengikutsertakan sentuhan-sentuhan kekinian dalam pembahasan tema-tema yang dimaksud. Dengan demikian, The Wisdom diharapkan dapat menyentuh problematika-problematika kekinian. Beberapa tulisan, misalnya, ada yang mengangkat persoalan korupsi, kerusakan lingkungan, dan implementasi jihad. Pesan lain yang ingin dimunculkan dengan pemuatan tulisan-tulisan tersebut adalah perlunya meng-update penafsiran Al-Quran dalam rangka mendialogkan Al-Quran dengan problem kemanusiaan dan kealaman.

Ketiga, pemaparan mengedepankan paradigma Al-Quran sebagai rahmat. Dengan paradigma ini, setiap pembahasan diupayakan dikemas dengan gaya penuturan yang sederhana sehingga mudah dipahami pembaca. Setiap pembahasan diupayakan mengangkat persoalan-persoalan yang sangat dibutuhkan pembaca untuk mengetahuinya. Untuk tujuan ini, The Wisdom menghindari wacana-wacana penafsiran yang rumit dan kontroversial. Sederhana tetapi mudah dipahami adalah motto yang ingin dikedepankan The Wisdom.

Keempat, tema-tema yang diangkat lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari. 6 tema yang diangkat di siniakhlak, akidah, ibadah, muamalah, kisah, dan ilmumerupakan tema-tema keseharian. The Wisdom berupaya mengupas ayat-ayat Al-Quran seputar tema tersebut dengan memunculkan aspek kepetunjukan/hidayat (hidā`i)-nya, sehingga makna universalnya dapat ditemukan. Sebagai contoh, untuk tema besar tauhid, The Wisdom mengangkat tema kemusyrikan. Meskipun dalam narasinya mengemukakan tokoh-tokoh kemusyrikan masyarakat Arab saat Al-Quran turun, The Wisdom berupaya menangkap pesan kepetunjukan/hidayat dari larangan Allah untuk melakukan kemusyrikan. Dengan demikian, meminjam istilah Fazlur Rahman, The Wisdom melakukan gerakan ganda (double movement). Gerakan pertama adalah menelusuri jejak-jejak kemusyrikan di kalangan masyarakat Arab dahulu, sedangkan gerakan kedua mentransfer pesan umum larangan berbuat kemusyrikan pada masa kekinian. Hal serupa dilakukan untuk tema-tema yang lain, termasuk kisah. Sebagai contoh, meskipun yang diangkat adalah kisah Nabi Yusuf a.s., tetapi yang diberikan penekanan adalah pesan kepetunjukan/hidayat tentang seorang aparatur pemerintah yang profesional dan memegang amanah.

Kelima, pemaparan tafsir atau wawasan berusaha memunculkan tujuan-tujuan penetapan aturan (maqāṣidusy-syarī`ah). Ini pulalah yang oleh para mufasir yang menjadi cakupan makna hikmah/wisdom. Sejauh ini ada lima prinsip maqāṣidusy-syarī`ah yang telah diformulasikan oleh para ulama, sebagaimana dikemukakan Asy-Syāṭibī, yakni memelihara agama (dīn), jiwa (nafs), akal (`aql), keturunan (nasl), dan harta (māl).23 Sebagai contoh, The Wisdom mengangkat maqāṣidus-syarī`ah di balik pengharaman zina, pengharaman menikahi perempuan mahram, pengharaman riba, serta hikmah di balik perintah menutup aurat, perintah salat, perintah zakat, dan lain sebagainya.
 
Keenam, untuk tema-tema tertentu, pembahasan dilengkapi dengan narasi tentang riwayat sababun-nuzūl dan hadis-hadis terkait. Pesan yang ingin dimunculkan The Wisdom dengan kelengkapan ini adalah perlunya melihat hadis dan latar belakang turun suatu ayat dalam menafsirkan ayat bersangkutan. Ini sesuai dengan penjelasan teoretis dari para pakar Al-Quran tentang peranan keduanya dalam menafsirkan Al-Quran.

Ketujuh, The Wisdom memuat perbagai tafsir dari mufasir terkemuka seperti Al-Ṭābarī, Ibn Kaṡīr, Al-Qurṭubī, Al-Zamaksyārī, Al-Ṡa`labī, Fakhruddīn al-Rāzī, Al-Alūsī, Ibn Ḥayyān al-Andalusī, Al-Qusyairī, Al-Syaukānī, Ṭantawī Jauharī, Sayyid Quṭb, Burhānuddīn al-Biqāā, Ṭāhir ibn Āsyūr, Muḥammad Abduh, Rasyīd Riḍā, Sayyid Ṭanṭāwī, Wahbah al-Zuhailī, dan Ismā`īl Ḥaqqī.    

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Al-Quran terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Tim Redaksi lainnya:

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020