Filecaknur: Keislaman Yang Hanif

+1 rating+1 rating+1 rating+0.5 rating+0 rating
3.5 avg rating - 6 Goodreads ratings
  • Cover Filecaknur: Keislaman Yang Hanif
Rp 55.000
Hemat Rp 11.000
Rp 44.000
Judul
Filecaknur: Keislaman Yang Hanif
No. ISBN
9786027926042
Tanggal terbit
September - 2013
Jumlah Halaman
367
Berat
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Sejak 1992, ketika Cak Nur untuk pertama kalinya memperkenalkan istilah Islam yang hanif,  Cak Nur mengkhawatirkan bahaya keberagamaan yang cenderung fundamentalistik dan bersifat kultus pada masyarakat Muslim Indonesia. Dari analisis atas corak keberagamaan yang cenderung fundamentalistik dan kultus di dunia modern, Cak Nur menyimpulkan bahwa cara keberagamaan yang demikian sama sekali bukan masa depan. Karena keberagamaan seperti itu tidak terbuka sama sekali terhadap perkembangan-perkembangan perubahan zaman, dan cenderung bersifat tertutup, tidak kreatif, dan berorientasi ke masa lalu. Maksudnya masalah baru zaman kini, direspons dengan cara lama yang sudah tidak relevan lagi.

Perkembangan zaman dewasa ini membutuhkan corak keberagamaan yang berbeda sama sekali dengan masa lalu. Beberapa kata kunci yang ditekankan Cak Nur: keberagamaan dewasa ini perlu lebih terbuka, adil, dan demokratis. Tiga kata kunci dari Cak Nur ini, perlu disandarkan pada fondasi yang dia sebutnya sebagai Keislaman yang hanif atau istilah yang lebih teknis adalah keislaman yang hanifiyt-u al-samhah yaitu keislaman yang terbuka pada kebenaran, yang membawa pada kelapangan hidup.

Jenis keagamaan yang jelas sekali tidak dikehendaki dan tidak dapat diterima ialah agama yang membuat seseorang tunduk patuh dan pasrah total kepada sesama manusia, dan yang membuatnya terasing dari dirinya sendiri, meskipun semuanya itu ia lakukan dalam kedok menyembah Tuhan.
Madjid 1995a: 135

Kepelitan, dalam bentuknya yang ekstrem, tidak kurang berbahayanya bagi cita-cita masyarakat adil dan makmur. Jika kita pelit pada diri sendiri, tentunya kita akan lebih pelit lagi kepada orang-orang lain khususnya kepada pihak yang paling memerlukan perhatian dalam rangka mewujudkan keadilan sosial, yaitu kaum tak mampu.
Madjid 1987: 116


***

Cak Nur adalah juru bicara zamannya, ketika Indonesia butuh mengharmonikan platform kebangsaan, Islam dan modernitas. Melalui penghayatan dan pengetahuannya yang mendalam mengenai tema itu, renungan Cak Nur selalu relevan bagi siapa pun yang ingin hidup sebagai warga negara yang aktif, Muslim yang unggul, dan orang modern yang spiritual.
Denny J.A., penggagas Gerakan Indonesia Tanpa Diskriminasi
 

Cak Nur adalah pencinta ilmu. Senang belajar dan mengajar. Orangnya rendah hati, lebih senang memuji orang ketimbang mengkritik, sangat lapang terhadap perbedaan pendapat, namun dia punya prinsip yang dia pegangi tanpa bersikap menggurui terhadap yang lain. Pikiran-pikirannya tetap aktual dan mencerahkan meskipun  dia telah pergi mendahului kita. Meneladani jejak Rasulullah, Cak Nur hampir tak pernah membicarakan urusan pribadi dan keluarga, tapi selalu bicara ilmu, memikirkan umat dan bangsa, sampai menjelang ajalnya.
Komaruddin Hidayat, Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Goodreads Review Filecaknur: Keislaman Yang Hanif

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020