Partai Masjumi : Antara Godaan Demokrasi & Islam Integral

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating
4 avg rating - 10 Goodreads ratings
  • Cover Partai Masjumi : Antara Godaan Demokrasi & Islam Integral
  • Cover Partai Masjumi : Antara Godaan Demokrasi & Islam Integral
Rp 89.000
Hemat Rp 4.450
Rp 84.550
Judul
Partai Masjumi : Antara Godaan Demokrasi & Islam Integral
Penulis
No. ISBN
9789794337073
Tanggal terbit
Agustus - 2013
Jumlah Halaman
488
Berat
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Perbincangan mengenai partai Islam di Indonesia tidak mungkin bisa melepaskan diri dari sejarah dan peran Partai Masjumi, yang pernah memiliki pengaruh besar di dekade awal  kemerdekaan. Partai terbesar kedua di pemilu 1955 ini merupakan eksperimen kelompok modernis mengawinkan nilai-nilai Islam dengan demokrasi modern Barat. Meskipun mereka akhirnya mengalami kegagalan, nilai-nilai asas perjuangan dan tindakan politik mereka patut mendapat perhatian seperti semangat nasionalisme dan dukungan pada Indonesia sebagai negara-bangsa. Tidak seperti yang sering dikesankan selama ini, para tokoh Masjumi bukanlah orang-orang Islam fanatik; sebaliknya, dalam perjuangan politik, mereka justru memiliki sikap yang terbuka dan mampu menjalin kerja sama dengan kelompok-kelompok lain yang berbeda ideologi dan agama.  Tindakan politik mereka yang melawan arus lebih banyak ditentukan oleh reaksi terhadap kesewenang-wenangan penguasa saat itu daripada kehendak memaksakan diri.

Buku ini merupakan kajian yang sangat serius, utuh, dan mendalam mengenai sepak terjang Partai Masjumi di kancah politik nasional, yang layak menjadi inspirasi bagi partai Islam di zaman sekarang. Penulis menelusuri sumber-sumbernya dari arsip-arsip, dokumen partai, media, dan literatur lain  yang selama ini belum banyak dibahas oleh peneliti lain.

 
***

Buku ini berhasil menunjukkan kelemahan pendekatan esensialis yang terkunci dalam kemestian teologis tentang ketakterpisahan Islam dan negara, dengan meletakkan Masjumi sebagai realitas historis yang tunduk pada ketakterelakan negosiasi dan kompromi. Buku ini juga memperlihatkan Indonesia sebagai kawasan Islam periferal berikut pandangan Islam politiknya yang nonsensentris, sebagai kritik terhadap keserampangan memandang Islam dan Islam politik sebagai sesuatu yang monolitik. Patut dibaca oleh para penggiat, politisi, dan pemerhati keislaman dan keindonesiaan.

Yudi Latif
Kepala Pusat Studi Islam dan Kenegaraan Indonesia


"Partai Masjumi yang hanya bisa bertahan selama 15 tahun, 1945-1960, dikenal sebagai partai yang paling gigih membela konstitusi dan demokrasi, hingga partai ini menjadi martir karena palu godam kekuasaan. Karya sarjana Prancis ini menjadi penting karena sisi pendekatannya yang agak berbeda dari yang sudah umum diketahui. Jelas, karya ini semakin memperkaya khazanah pengetahuan kita tentang Islam dan politik di Indonesia."

Ahmad Syafii Maarif
Cendekiawan Muslim dan Mantan Ketua PP Muhammadiya

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Noura Book Publising lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020