Hukum Islam Indonesia Modern : Dinamika Pemikiran dari Fiqh Klasik ke Fiqh Indonesia

  • Cover Hukum Islam Indonesia Modern : Dinamika Pemikiran dari Fiqh Klasik ke Fiqh Indonesia
  • Cover Hukum Islam Indonesia Modern : Dinamika Pemikiran dari Fiqh Klasik ke Fiqh Indonesia
Rp 66.500
Hemat Rp 3.325
Rp 63.175
Judul
Hukum Islam Indonesia Modern : Dinamika Pemikiran dari Fiqh Klasik ke Fiqh Indonesia
No. ISBN
9789795780618
Tanggal terbit
2009
Jumlah Halaman
-
Berat
360 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Jtihad adalah faktor terpenting dalam pengembangan hukum Islam. Ijtihad pun telah melahirkan berbagai pemikiran hukum Islam (fiqh) dan metode pengembangannya (mazhab). Namun, di Indonesia modern, sebagian ulama sering menganggap final fiqh mazhab, menolak pembaruan dan berusaha memper- tahankan otoritas mazhab. Akhirnya terjadilah ketegangan antara pembaru hukum Islam dan pendukung fiqh klasik, terutama pada awal abad ke-20 hingga tahun 1970-an.

Buku ini, merekam konflik-konflik di sekitar pembaruan hukum Islam antara kelompok tradisionalis, modernis dan salafi. Dalam buku ini, penulis juga menawarkan solusi pengembangan hukum Islam yang sesuai dengan konteks keindonesiaan.


TENTANG PENULIS



Muhammad Iqbal adalah Doktor pada Program Pascasarjana UIN Jakarta, dosen Ilmu Politik Islam dan Program Pasca-sarjana IAIN Sumatera Utara. Karya ilmiah yang telah dipublikasikan antara lain adalah Rekonstruksi Pemikiran Islam: Studi atas Kontribusi Iqbal dalam Pembaruan Hukum Islam (1994), Ensiklopedi Hukum Islam sebagai tim penulis (1996), Syariat Islam di Indonesia (editor-2001), Ibn Rusyd dan Averroisme: Sebuah Pemberontakan terhadap Agama (2004) dan menulis artikel-artikel di berbagai majalah dan jurnal serta karya-karya lain yang akan segera terbit.

Selain aktif sebagai pembicara dalam berbegai seminar, penulis juga melakukan beberapa penelitian, di antaranya "Pandangan Tokoh Partai Islam Sumatera Utara tentang Penerapan Syariat Islam di Indonesia" (2002). "Sikap Umat Islam Kota Medan terhadap Fakultas Syari'ah IAIN Sumatera Utara" (2004) dan "Penyelesaian Perkara Waris Anak Luar Nikah di Pengadilan Agama Sumatera Utara" (2004).

Pada tahun 2001 tercatat sebagai penerima beasiswa dari Yayasan Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Yanbinbang-SDM IPTEK) The Habibie Center, Jakarta.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Gaya Media Pratama lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020