Tafsir Tematik Dalam Al-Qur'an

  • Cover Tafsir Tematik Dalam Al-Qur
  • Cover Tafsir Tematik Dalam Al-Qur
Rp 146.000
Hemat Rp 7.300
Rp 138.700
Judul
Tafsir Tematik Dalam Al-Qur'an
No. ISBN
9789795780526
Tanggal terbit
2005
Jumlah Halaman
-
Berat
1000 gr
Jenis Cover
Hard Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Buku ini berusaha menafsirkan al-Qur'an secara tematik untuk tiap-tiap surat. Setiap surat diambil topik intinya untuk dijadikan sebagai sentral pembahasan. Sehingga setiap surat merupakan satu kesatuan utuh. Dengan demikian, banyaknya topik sebanding dengan banyaknya surat yang ada. Meski ada yang mirip, tetapi masing-masing memiliki tekanan yang berbeda.

Tanpa meninggalkan masalah-masalah dasar yang menjadi tema pokok al-Qur'an, buku ini memberikan perhatian khusus pada masalah-masalah aktual. Karena ada sebagian muslim yang memiliki pemahaman yang kurang tepat, sehingga menjadi sasaran kritik pihak-pihak yang ingin memojokkan Islam. Misalnya, pertama, masalah kesetaraan jender. Sebagian muslim beranggapan bahwa kaum lelaki memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibanding kaum perempuan. Anggapan ini jelas tidak benar, berdasarkan pemahaman secara utuh terhadap ayat-ayat yang ada dalam al-Qur'an.

Kedua, masalah pembelaan kaum marginal. Diakui, bahwa selama ini kaum muslim lebih banyak terjebak pada kesalehan ritual. Sebaliknya, berkenaan dengan masalah-masalah sosial, mereka kurang peduli. Karena itu, dengan melihat al-Qur'an secara utuh, al-Ghazali mengajak mereka agar bersikap seimbang. Karena tolok ukur kesalehan seseorang justru terletak pada kepekaan sosialnya, bukan pada kesalehan ritualnya.


Ketiga, masalah poligami. Masalah yang cukup krusial ini juga tidak lepas dari sorotan tajam al-Ghazali. Sebab hal inilah, yang antara lain menjadi sasaran tembak pihak-pihak yang hendak mencela Islam. Dengan dalih adanya kebolehan poligami, mereka mengatakan bahwa Islam tidak memiliki sense of gender. Dan masih banyak masalah aktual lain yang dibahas dalam buku ini, yang mencerminkan kemoderasian pandangan al-Ghazali dan menjadi alasan semakin pentingnya buku ini untuk disimak.


TENTANG PENULIS

Syeikh Muhammad al-Ghazali lahir tanggal 5 Dhul Hijjah 1335 (22 September 1917) di al-Buhayrah, Mesir dan wafat tanggal 19 Syawal 1416 (9 Maret 1996). Semasa hidupnya mengajar di Universitas Umm al-Qura di Makkah, Universitas Qatar dan Al-Amir Abd al-Qadir University for Islamic Science di Aljazair. Sebelum wafat beliau memangku jabatan sebagai Ketua Dewan Akademik Intemasional' Institute of Islamic Thought di Kairo. Syeikh al-Ghazali telah menulis lebih dari enam puluh buku, sebagian telah diteijemahkan ke dalam berbagai bahasa, dan juga penerima banyak anugrah {award), termasuk First Order of the Republic of Egypt (1988), King Faisal Award (1989) dan Exellence Award dari Pakistan.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Gaya Media Pratama lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020