Ekologi Berwawasan Gender Dalam Perspektif Al-Quran

  • Cover Ekologi Berwawasan Gender Dalam Perspektif Al-Quran
Rp 65.000
Hemat Rp 13.000
Rp 52.000
Judul
Ekologi Berwawasan Gender Dalam Perspektif Al-Quran
No. ISBN
9789794338582
Penerbit
Tanggal terbit
November - 2014
Jumlah Halaman
320
Berat
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Isu lingkungan termasuk isu yang jarang dibicarakan oleh para pemikir Islam. Lebih langka lagi apabila isu lingkungan ditinjau secara gender dari perspektif al-Quran.

Buku ini mencoba mengisi kelangkaan khazanah pustaka keislaman yang menyoroti isu lingkungan ini. Dengan perspektif yang relatif baru dan menarik, studi atas khazanah tafsir dan pemikiran Islam menunjukkan bahwa di alam terjadi keseimbangan karakter feminin dan maskulin.
   

TENTANG PENULIS

Nur Arfiyah Febriani lahir dari buah cinta H. Murhain (Alm.) dan Hj. Siti Maryam Thaib (Alm.) di Bekasi pada 2 Pebruari 1981. Anak ke dua belas dari enam belas bersaudara ini aktif dalam beberapa organisasi kemasyarakatan, mengisi seminar, talkshow dan pengajian tafsir al-Quran di beberapa sekolah dan majlis taklim di daerah Jakarta, Bekasi dan Karawang. Nur Arfiyah Febriani saat ini menjabat sebagai Kepala Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Program Doktor di Institut Perguruan Tinggi Ilmu al-Quran (PTIQ) Jakarta.

Pendidikan formal yang telah penulis lalui adalah: Madrasah Tsanawiyah di  Pondok Pesantren Attaqwa Puteri I Bekasi (1993-1996); Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Attaqwa I Puteri I Bekasi (1996-1999); Perguruan Tinggi Attaqwa (PTA) Bekasi (1999-2000); S1, Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Attaqwa Bekasi (1999-2003); S2, konsentrasi Tafsir Hadis di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta (2004-2007); S3, konsentrasi Tafsir Hadis di  Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta (2008-2011).

Penulis juga pernah melaksanakan pendidikan informal pada beberapa kesempatan, seperti: International Training on Education, Education in the Culture of Competition, Asrama Haji Building, Bekasi West Java Indonesia, diselenggarakan oleh Direktori Learning Assistance Programe for Islamic Schoool (LAPIS), Supported by Australian Goverment, (2009); Pelatihan Pendidikan Tingkat Nasional, Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Life Skill Education, oleh Direktorat Pendidikan Indonesia, Asrama Haji Bekasi (2009); Kuliah berseri filsafat dan sains, di Center of Islamic Philosophical Studies and Information (CIPSI) Indonesia, Ciputat (Januari-Mei 2010). Di bawah bimbingan: Prof. Dr. Osman Bakar (Malaysia) dan Prof. Dr. Mulyadi Kartanegara; Studium General bersama Huns Kung: The Distinctive Features of the Three Monotheistic Religions, Auditorium Utama Pascasarjana UIN Jakarta (2010), dan Peserta Pendidikan Kader Mufasir di Pusat Studi al-Quran di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab. Dari program ini, alhamdulillah penulis mendapat kepercayaan dari Bapak Prof. Dr. Muhammad Qurasih Shihab dan tim pakar tafsir al-Quran di PSQ, untuk melanjutkan riset Disertasi di Mesir (2011).

Karya akademis yang pernah dibuat penulis adalah: Pengaruh Pendidikan Nilai-nilai Keagamaan terhadap Prilaku Siswa (studi kasus TK Muslimat II Bekasi - Skripsi S1); Hubungan antara Dzikir Allah dengan Kesehatan Fisik dan Mental (Studi Kasus Jamaah Dzikir di bawah Bimbingan Ustadz Haryono di Kota Bekasi - Tesis MA); Ekologi Berwawasan Gender dalam Perspektif Al-Quran (Disertasi).

Sedangkan karya ilmiyah penulis yang telah dipublikasikan antara lain adalah: Perspektif al-Quran tentang Keseimbangan Karakter Feminin dan Maskulin dalam Diri Manusia, Jurnal Studi Gender YINYANG, vol. 6, no. 1, 2011; Bisnis dan Etika Ekologi Berbasis Kitab Suci, NURANI, Vol. 10, no. 2, Desember 2010. Jurnal Fakultas Syariah IAIN Raden Fatah Palembang; Managemen Lingkungan Berbasis al-Quran, Al-Manar, Jurnal Kajian al-Quran dan al-Hadis, Vol. 2, no. 1, 2010; Perspektif al-Quran Seputar Kesetaraan Gender dalam Konservasi Lingkungan, Mumtaz, Jurnal Studi al-Quran dan Keislaman, Vol. 02, no. 2, tahun 2012, dan Interkoneksitas Alam Raya dalam al-Quran, Al-Manar, Jurnal Kajian al-Quran dan al-Hadis, Vol. 4, no. 1, Juni 2012; Gender dan Kerusakan Lingkungan: Sebuah Perspektif al-Quran, Dialog Jurnal Penelitian dan Kajian Keagamaan, vol. 35, no. 1, Juni 2012; Kitab Suci tentang Manusia dan Lingkungan, Jurnal Bimas Islam, vol. 5 no. 4, tahun 2012; Tradisi Harmony In Nature dalam al-Quran, Ibda, Vol. 10, no. 1, Januari-Juni 2012; Rayu sebagai Salah Satu Sumber Hukum Islam, AL-ADALAH, Vol. XI, no. 2, Desember, 2012; Kecerdasan Naturalis Perspektif al-Quran, al-Burhan, vol. XIII, no. 1, Oktober 2013.


Penulis juga pernah mempresentasikan paper pada beberapa seminar di antaranya: 1) Al-Quran tentang Kesetaraan Gender dalam Konservasi Lingkungan,  pada acara:  Indonesian Frontiers of Social Science yang diselenggarakan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), 17-19 2013 Oktober di Santosa Villa and Resort, Lombok; 2) Implementasi Etika Politik dalam Konservasi Lingkungan Perspektif al-Quran, pada acara: 1st Seminar on Ecology, Sanitation and Integrated Water Resources Management (ESIWRM) for the Developing Countries: Towards SDGs yang diselenggarakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi UIN Jakarta, pada 21-23 Oktober 2013 di Grand Inna Bali Beach Hotel, Sanur Bali; dan 3) Wawasan al-Quran tentang Kecerdasan Naturalis sebagai Solusi Harmoni Dunia, pada acara: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-13, yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, pada 18-21 November 2013 di Lombok. 4) Perspektif Al-Quran dan Injil tentang Kecerdasan Naturalis, pada acara: International Conference on Quranic Studies Grounding the Quran: Towards Transformative Quranic Studies, di Aula Prof. Dr. Harun Nasution, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia, 15-16 Februari 2014.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Mizan lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020