AHKAM SULTHANIYAH : Sistem Pemerintahan Khilafah Islam

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating
3.91 avg rating - 107 Goodreads ratings
  • Cover AHKAM SULTHANIYAH : Sistem Pemerintahan Khilafah Islam
  • Cover AHKAM SULTHANIYAH : Sistem Pemerintahan Khilafah Islam
Rp 100.000
Hemat Rp 5.000
Rp 95.000
Judul
AHKAM SULTHANIYAH : Sistem Pemerintahan Khilafah Islam
Penulis
No. ISBN
9789791303729
Penerbit
Tanggal terbit
Maret - 2015
Jumlah Halaman
-
Berat
850 gr
Jenis Cover
Hard Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Al-Ahkam as-Sulthaniyyah ini merupakan karya monumental al-Mawardi yang kuat diyakini ditulis atas permintaan Khalifah al-Qa'im bi Amrillah (422-467 H), Buku ini memuat hukum-hukum yang sangat dibutuhkan oleh para penguasa, khususnya khalifah dan jajarannya. Selain dibutuhkan oleh aparatur pemerintah sebagai rujukan untuk menjalankan tugas dan kewaiiban mereka. juga menjadi pegangan masyarakat untuk mengetahui hak dan kewajiban para penguasa atas diri mereka. Dengan begitu. mereka mempunyal pedoman untuk melakukan check and balance.

Buku ini terdiri dari dua puluh bab, dan memhahas banyak hal, seperti: akad Imamah. pengangkatan Wizarat (pembantu khalifah), bukan wizarat dengan konotasi kementerian seperti dalam sistem demokrasi, pengangkatan Imarah 'aia al-Bilad (kepala daerah). pengangkatan Imarah 'ah al-Jihad (panglima perang). dan sebagainya. Termasuk bab tentang penetapan Jizyah dan Kharaj, hukum Ihya' al-Mawat (menghidupkan tanah mati). eksplorasi air (termasuk tambang). Hirna dan Irfaq (proteksl lahan dan kepemilikan umum). hingga Diwan (administrasi), Ahkam al-Jara'im (hukum tindak kriminal), dan Hisbah.

Menariknya, dalam buku ini al-Mawardi sama sekali tidak terpengaruh oleh teori-teori Socrates. Plato, Aristoteles atau filsuf Yunani lainnya. Padahal. ketika itu pemikiran mereka sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab. Dalam penulisannya. beliau berpijak pada al-Qur'an. as-Sunnah, ijma dan qiyas sebagaimana dalil yang lazim digunakan di kalangan mazhab Syafi'i. Selain Itu, beliau juga menjelaskan berbagai pandangan mazhab yang berkaitan dengan sistem pemerintahan Islam ini.

Istimewanya lagi, buku Al-Ahkam as-Sukhaniyyah ini menjad! rujukan penting karena selain penulisnya yang merupakan seorang mujtahld, juga adalah pelaku sejarah.  Istimewanya lagi, buku ini merupakan tulisan yang paling awal membahas tentang sistem Negara Khilafah sekaligus menjadi dokumen autentik penerapan sistem pemerintahan islam di dalam Negara Khilafah. pada era Khilafah Abbasiyyah.

Goodreads Review AHKAM SULTHANIYAH : Sistem Pemerintahan Khilafah Islam

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Imam al-Mawardi lainnya:

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020