Arsitektur Ekonomi Islam

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating
4 avg rating - 1 Goodreads ratings
  • Cover Arsitektur Ekonomi Islam
Rp 149.000
Hemat Rp 7.450
Rp 141.550
Judul
Arsitektur Ekonomi Islam
No. ISBN
9789794338988
Penerbit
Tanggal terbit
September - 2015
Jumlah Halaman
492
Berat
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Wacana ekonomi Islamseperti halnya ide negara Islammerupakan sebuah wacana baru dalam konteks kebangkitan Islam di era modern. Menyertai gagasan tersebut, pada paruh dasawarsa kedua abad ke-20, lahir pula gagasan pendirian bank Islam. Selain didorong motif pasar (market driven), gagasan tersebut juga didorong oleh motif nilai (value driven) untuk menggantikan sistem bunga bank yang dianggap riba.

    Di Tanah Air, pemikiran awal mengenai sistem ekonomi Islam baru berkembang pada paruh kedua tahun 1980-an. Di antara tokoh yang kritis terhadap wacana tersebut adalah ekonom muslim Sjafruddin Prawiranegara. Dalam International Economic Conference di London (1977), yang bertemakan Muslem World and the Future of Economic Order, ia menyampaikan makalah bernada retoris, Is There a Particular Islamic Economic Concept or System?sebuah pertanyaan yang sebenarnya telah ia jawab sendiri dalam sebuah risalahnya yang terbit pada 1967. Dia menolak konsep sistem ekonomi Islam yang legalistik. Sebagai gantinya, dia menawarkan sistem ekonomi sosialisme-religius yang berpatron pada sistem moral Islam.

    Buku ini membedah secara komprehensif bagaimana sistem ekonomi Islam berkembang dan berdialektika di Tanah Air, lewat tinjauan yang mendasar dari aspek ontologis, epistemologis, hingga aksiologis. Dalam dataran pragmatis, diskursus sistem ekonomi Islam di Indonesia lebih didominasi oleh konsep sistem ekonomi syariah. Akibatnya, sistem ekonomi Islam sering dipahami berdasarkan keidentikannya dengan sistem ekonomi legal berdasar hukum syariahyang semestinya konsep ekonomi Islam memiliki jangkauan jauh lebih luas dari itu. Namun demikian, apa pun modelnya, praktik sistem ekonomi Islam sudah seharusnya bermuara pada terwujudnya kesejahteraan sosial umat.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Mizan lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020