The History Of Hadith - Historiografi Hadits Nabi dari Masa ke Masa

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating
4 avg rating - 4 Goodreads ratings
  • Cover The History Of Hadith - Historiografi Hadits Nabi dari Masa ke Masa
  • Cover The History Of Hadith - Historiografi Hadits Nabi dari Masa ke Masa
Rp 98.500
Hemat Rp 4.925
Rp 93.575
Judul
The History Of Hadith - Historiografi Hadits Nabi dari Masa ke Masa
No. ISBN
9786021361535
Tanggal terbit
Desember - 2015
Jumlah Halaman
-
Berat
800 gr
Jenis Cover
Hard Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Dalam agama Islam, Hadits merupakan pilar kedua setelah Al-Qur'an. Keduanya merupakan cahaya petunjuk yang mengantarkan terwujudnya kemaslahatan hidup, baik di dunia dan akhirat.Pada masa Rasulullah, Hadits belum ditulis. Bahkan Rasulullah sendiri melarang sahabat menulis Hadits, karena khawatir akan bercampur dengan catatan Al-Qur'an. Tak ayal, Hadits pada masa ini hanya berada dalam benak dan hafalan para sahabat. Sekatipun ada persoalan yang muncul langsung diserahkan kepada Rasulullah.

Setelah Rasulullah wafat (tahun 11 H/ 632 M), seiring dengan meluasnya wilayah dakwah Islamiyah mulai timbul masalah-masalah baru yang tidak diketemukan jawabannya dalam Al-Qur'an. Di sinilah keberadaan Hadits sebagai penjelas menjadi penting. Sejak saat itu, para ulama mulai peduli mengumpulkan Hadits dari para sahabat yang jumlahnya semakin berkurang.

Geliat pengumpulan dan pembukuan Hadits semakin berkembang setelah masa khalifah Umar bin Abdul Aziz (99 H). Sayangnya, akibat perebutan kekuasaan dan politik di antara umat Islam, lahirnya paham-paham keagamaan dan batas dendam kelompok Zindiq, bertebaranlah cerita-cerita Israiliyyat dan hadits-hadits palsu yang penuh fitnah. Hingga datang masa melemahnya daulah Islamiyah, yakni masa mulai bermunculannya orang-orang yang sengaja meremehkan kemuliaan Hadits. Mereka adalah kelompok orientalis dan pengikut paham menyimpang yang menolak Hadits. Mereka mencederai kemuliaan sahabat Rasulullah, hingga menghina para imam Ahli Hadits. Padahal mereka yang melontarkan tuduhan itu bukanlah orang yang memiliki kapabilitas keilmuan yang mumpuni di bidang Hadits.

Kehadiran buku berjudul The History of Hadith ini menjadi salah satu referensi penting guna menolak gagasan orientalis dan menjawab tuduhan miring dari kelompok penentang Hadits. Di dalamnya dijabarkan secara ilmiah tentang historiografi hadits. Periode awal, Sunnah pada masa kehidupan Nabi Saw. Periode kedua, Sunnah pada masa khulafa' Rasyidin. Periode ketiga, Sunnah pasca masa khulafa' Rasyidin hingga akhir abad pertama hijriyah. Periode keempat, Sunnah pada abad kedua hijriyah. Periode kelima, Sunnah pada abad ketiga hijriyah. Periode keenam, Sunnah pada abad keempat hijriyah hingga masa keruntuhan Baghdad tahun 656 H. Periode ketujuh, Sunnah pada abad ketujuh hijriyah hingga sekarang.

Buku karya Prof. Muhammad Abu Zahw ini diadaptasi dari hasil penelitian disertasi berjudul At- Hadits wa Al-Muhaditsun, yang mengantarkan penulisnya memperoleh gelar Guru Besar di bidang Ulum al-Qur'an wa al-Hadits (Kajian llmu al-Qur'an dan Hadits) pada tahun 1365 H. / 1946 M. dari Fakultas Ushuluddin, Universitas Al-Azhar Asy-Syarif, Mesir.

Goodreads Review The History Of Hadith - Historiografi Hadits Nabi dari Masa ke Masa

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Diandra Primamitra lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020