Persaudaraan Agama-Agama

  • Cover Persaudaraan Agama-Agama
Rp 58.000
Hemat Rp 11.600
Rp 46.400
Judul
Persaudaraan Agama-Agama
No. ISBN
9786024410049
Penerbit
Tanggal terbit
November - 2016
Jumlah Halaman
292
Berat
350 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
135x205mm
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Di antara agama-agama yang ada di dunia, Yahudi, Nasrani, dan Islam memiliki penganut paling banyak dan juga paling sering terlibat konflik dalam sejarah. Padahal, pembawa tiga agama tersebut bermuara pada satu figur: Ibrahim. Karena kesamaan itulah, penganut ketiga agama tersebut berebut klaim sebagai ahli waris millah Ibrahim. Millah Ibrahim (Abrahamic Religion) di sini bermakna kepercayaan dan praktik hidup yang dijalankan oleh Ibrahim.

Mengikuti millah Ibrahim berarti mempraktikkan dan mengikuti jejak-langkahnya dalam hal faith (iman)  dan sekaligus praktik empiriknya (syariat). Maka, pengikut millah Ibrahim bukan saja se-iman dengan Ibrahim, tetapi juga menjalankan tuntutan imannya, yang lazim dikenal dengan Islam, yakni pasrah dalam menerima dan menjalankan semua perintah Allah secara total.

Maka, millah Ibrahim di satu sisi bersifat terbuka atas berbagai keyakinan dan praktik keagamaan yang selaras dengan pengertian tersebut, meski secara genealogis tidak bermuara pada Ibrahim. Di sisi lain, ia bersifat tertutup atas iman dan praktik keagamaan yang tidak selaras meski masih memiliki hubungan genetis dengan Ibrahim. Jadi, persaudaraan agama-agama terjalin bukan karena hubungan genetis, tetapi karena hubungan imani dan syari.

Millah Ibrahim dalam pengertian tersebut dapat dijadikan paradigma untuk memahami ayat-ayat al-Quran tertentu--misalnya ayat inna al-dina inda Allah al-islam yang oleh satu kelompok dipahami secara eksklusif, namun oleh kelompok lain dipahami secara inklusif. Ayat-ayat  al-Quran, mesti diingat, merupakan satu-kesatuan utuh yang tidak boleh dipahami secara parsial (juziyyah). Di samping itu, kita juga mesti memahami al-Quran secara kontekstual dengan menelusuri latar historis ayat  sambil menelisik ideal moralnya.

Thabathaba'i, melalui tafsirnya, al-Mizan mencoba memberi pemahaman utuh akan arti persaudaraan agama-agama. Dalam pandangannya atas millah Ibrahm, ia menangkap dan menawarkan ideal moral al-Qur'an yang dapat dijadikan jembatan hubungan agama-agama yang ada di dunia, terutama agama Yahudi, Nasrani, dan Islam.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Mizan lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020