Jati-Diri Perempuan dalam Islam

  • Cover Jati-Diri Perempuan dalam Islam
Rp 84.000
Hemat Rp 4.200
Rp 79.800
Judul
Jati-Diri Perempuan dalam Islam
Penulis
No. ISBN
9786024410278
Penerbit
Tanggal terbit
Juli - 2017
Jumlah Halaman
328
Berat
300 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
155x235mm
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

"Filsafat dan sains adalah dua metode untuk menemukan kebenaran dalam penelitian. Filsafat menyingkap kebenaran pada tataran rasional, sementara sains mengungkap misteri secara empiris. Masing-masing memiliki keterbatasan, tetapi saat ini, sains dianggap sebagai satu disiplin dengan rasionalisasi dan pembuktian empirik paling dapat diterima. Jati-Diri Perempuan dalam Islam mengajak pembaca untuk menepis asumsi bahwa seolah-olah hanya laki-laki yang punya peran lebih dalam reproduksi, padahal keduanya memiliki kontribusi seimbang. Penulis telah menggunakan pendekatan filsafat secara hati-hati dan tidak bertentangan dengan kebenaran saintifik sehingga layak dijadikan referensi."
-  Sidrotun Naim, S.Si, M.Mar. St., M.S., Ph.D.
Ilmuwan sains dan pengkaji identitas secara saintifik dan sosial


"Kajian Etin Anwar tentang sejarah kesarjanaan Muslim sangat menarik dan berwawasan.
Dia menggunakan metodologi modern untuk menyibak kecenderungan gender yang berkontribusi pada peminggiran posisi perempuan dalam wacana keislaman. Kritiknya atas beberapa ulama/sarjana Islam yang mengabaikan perspektif perempuan sungguh membuka mata. Karena itu, dia dengan tepat mendesakkan perlunya kalangan sarjana Muslimah menawarkan perspektif baru terhadap wacana kesarjanaan Muslim yang didominasi laki-laki. Di sini dia menawarkan pendekatan baru dengan tetap berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam yang diterima luas."
- Prof. Howard Federspiel, Guru Besar Kajian Islam, Universitas Ohio, Amerika Serikat

"Meski banyak buku yang mengulas isu gender, buku ini punya kelebihan tersendiri, karena ditulis oleh seorang dosen perempuan Muslim yang mengajar di salah satu perguruan tinggi di Amerika Serikat. Sebuah buku yang kaya dengan literatur dan kajian filsafat, yang sarat pergulatan hidup dan intelektual. Wajib dibaca oleh semua pemerhati kajian Islam, gender, dan perempuan."
-  Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Pakar Filsafat Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

"Buku ini menjelaskan dengan tuntas bagaimana teks keagamaan dapat memberdayakan jati-diri perempuan, bukan memperdayakannya. Membaca buku ini seolah-olah menjelaskan sendiri mengapa penulisnya bisa menjadi profesor top di Amerika. Membanggakan!"
- Prof. Nadirsyah Hosen, Ph.D., Dosen Senior Monash Law School, Australia


"Studi filsafat itu langka meski krusial, apalagi studi gender dan Islam. Buku ini satu di antaranya yang wajib dibaca!"
-  Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin, Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Ketua Komisi HAM OKI 2012-2014


SINOPSIS

Jati-Diri Perempuan dalam Islam memberikan cara pandang baru mengenai pentingnya melihat kemanusiaan laki-laki dan perempuan di atas sekat-sekat biologis, politis, dan budaya dan mengkritisi penggunaan argumen agama untuk memperkuat asumsi ketidaksejajaran mereka dengan menggunakan pendekatan filsafat Islam. Buku ini berusaha mengurai endapan-endapan pemikiran dan praktik cara berpikir gender (gender thinking)yang mana sosialisasi peranan laki-laki dan perempuan yang dimaknai secara berbedadianggap sebagai sesuatu yang normal. Pembedaan perlakuan terhadap peranan perempuan menciptakan institusi gender hierarkis, terutama dalam wacana penciptaan manusia, kontribusi dalam reproduksi, pengejawantahan nilai-nilai agama dalam tubuh perempuan, dan bahkan cara perempuan memaknai kepuasan hidup. 

    Jati-Diri Perempuan dalam Islam mengajak pembaca untuk memikirkan upaya-upaya baru dalam menilai kemanusiaan laki-laki dan perempuan dengan menemukan wacana-wacana keislaman yang memperdebatkan peran ontologis, teologis, etis, dan biologis perempuan dan keterkaitannya dengan pemikiran-pemikiran filsafat mulai dari Filsafat Yunani, Islam, hingga Post-strukturalisme. Pendekatan filsafat yang interdisiplin ini memperkaya khazanah tradisi pengetahuan Islam dan juga membuka perdebatan baru mengenai sikap-sikap kita yang sering komplisit dalam menyosialisasikan perbedaan perempuan dan laki-laki bukan hanya dalam memaknai perbedaan biologis tetapi juga perbedaan hak-hak manusiawi lainnnya.

TENTANG PENULIS
Etin Anwar, Ph.D. merupakan ilmuwan diaspora Indonesia yang menjadi dosen di Amerika Serikat. Saat ini dia menjabat sebagai Ketua Jurusan Studi Agama dan sekaligus seorang Professor Associate di Hobart and William Smith Colleges, New York. Gelar doktor diraihnya dari Universitas Binghamton, New York, dengan konsentrasi dalam bidang Filsafat, Interpretasi dan Budaya. Etin mendapat gelar Master dari McGill University, Montreal, Kanada dengan konsentrasi pada bidang Studi Islam.  Sebelumnya, Etin belajar di Institut Agama Islam Negeri (sekarang Universitas Islam Negeri) Sunan Gunung Djati, Bandung dan menjadi staf pengajar di Fakultas Ushuluddin.

Etin Anwar telah menulis buku, bab-bab dalam buku editan, serta artikel dalam jurnal internasional. Buku pertama berjudul Gender and Self in Islam (Routledge, 2006) dan dilanjut dengan buku editan bersama Profesor Ali A. Mazrui berjudul The Politics of Gender and the Culture of Sexuality (University Press of America, 2014). Dia juga telah menerbitkan beberapa artikel tentang Ibn Sina, Meister Eckhart, Ibn Arabi, Anti-Americanism, dan gerakan wanita di Indonesia dalam berbagai jurnal ilmiah termasuk Islamic Studies, Islam and Christian-Muslim Relations, dan Hawwa. Dia menulis dua entri: The Public Role of Women dan Harem untuk Encyclopedia of Islam and the Muslim World yang disunting Richard Martin. Dia difitur dalam sebuah video dokumenter Muslim Women in our Midst: The Path to Understanding dalam seri America at the Crossroads (2006).

Selain kesibukannya sebagai dosen dan penulis, Etin juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap isu-isu keadilan sosial. Dia adalah co-founder One-on-One Friendship yang menawarkan pertukaran budaya secara online.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Mizan lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020