Djamhari Penemu Kretek

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating
4 avg rating - 4 Goodreads ratings
  • Cover Djamhari Penemu Kretek
  • Cover Djamhari Penemu Kretek
Rp 135.000
Hemat Rp 20.250
Rp 114.750
Judul
Djamhari Penemu Kretek
Penulis
No. ISBN
9786027225039
Tanggal terbit
September - 2016
Jumlah Halaman
-
Berat
450 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Biografi
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Buku ini sangat luar biasa. Masyarakat pribumi yang selama ini dipandang tidak begitu memiliki jiwa entrepreneurship dan penemu, ternyata sejarah Djamhari ini menunjukkan sesuatu yang lain. Namun demikian kesangsian itu tetap ada. Benarkah Djamhari ada? Buku ini jawabannya. Ini adalah buah dari pencarian baik di dalam maupun luar negeri dari berbagai literatur, perpustakaan, kantor arsip, kantor redaksi, wawancara dengan narasumber di sejumlah kota, hingga menelusuri berbagai kuburan. Bukti sejarahnya sangat nyata setelah penulisnya menemukan anak keturunan Djamhari. Silsilah keluarga sang penemu kretek itu pun sangat jelas dan bisa dipertanggungjawabkan, dari kakek Djamhari hingga anak cucunya.

Prof. Singgih Tri Sulistiyono, Sejarawan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.



B. van Der Reijden adalah orang pertama yang menyebut nama Djamhari. Meski demikian peneliti Belanda itu tidak tahu banyak tentang penemu kretek tersebut. Setidaknya itu yang dirasa penulis buku ini setelah mencermati karya Reijden dan menemukan kata'zou'di paragrafyang mengulas Djamhari. Pencermatan itu membuat sajian buku ini menjadi cukup berbeda dibandingkan buku tentang kretek lainnya. Penulisnya pun berani mendekonstruksi data tahun tentang Djamhari. Keberanian ini jadi langkah awal untuk menerangi sejarah penemu kretek yang selama ini seperti
dalam ruang tertutup nan gelap.

Olivier Johannes Raap, seorang Belanda yang menulis beberapa buku dalam bahasa Indonesia bertema sejarah Jawa.antaralainberjudulPekerdjadi Djawa Tempo Doeloe.


Sekian puluh tahun nama Djamhari selalu disebut-sebut sebagai tokoh penting munculnya rokok kretek di Kudus. Ironisnya sekian belas orang sejarawan gagal mencari tahu siapa sosok Djamhari. Alhamdulillah anak muda yang sangat peduli kepada sejarah kretek yang bernama Edy Supratno mampu menjawab tanda tanya tersebut. Tidak sekadar menemukan kuburan dan keluarganya, menariknya dia juga bisa mengaitkan bagaimana hubungan persaudaraan Eyang Nitisemito dengan keluarga Djamhari.

Yudhi Ernawan, salah satu cucu Nitisemito.


Nama Djamhari dalam sejarah kretek hanya dianggap sebagai mitos, namun Edy Supratno telah mematahkan mitos itu dengan kemampuan heuristiknya sebagai sejarawan dan jurnalis. Buku yang sangat menarik ini menghadirkan cerita tentang tokoh penemu kretek melalui penelusuran yang panjang penuh lika-likudari Indonesia hingga negeri Belanda. Selamat membaca.

Dr. Sri Margana, Sejarawan Universitas GadjahMada (UGM).

Goodreads Review Djamhari Penemu Kretek

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Biografi terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Edy Supratno lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Diandra Primamitra lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020