Tiada Jalan Bertabur Bunga

  • Cover Tiada Jalan Bertabur Bunga
  • Cover Tiada Jalan Bertabur Bunga
Rp 65.000
Hemat Rp 13.000
Rp 52.000
Judul
Tiada Jalan Bertabur Bunga  
No. ISBN
9786020857114
Tanggal terbit
September - 2016
Jumlah Halaman
-
Berat Buku
350 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Memoar
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ··
Lokasi Stok
Stok Tersedia.

MEMOAR PULAU BURU DALAM SKETSA

Gregorius Soeharsojo Goenito adalah seorang seniman yang tinggal di Surabaya, Jawa Timur. Setelah belajar kesenian di I'erguruan Taman Siswa, Madiun, ia melukis. bermusik, bermain drama dan teater bareng Lembaga Kesenian Rakyat (Lekra) pada paruh pertama 1960 an. Imbas dari peristiwa 1965 membawanya "lugas belajar" dari penjara ke penjara hingga akhirnya ia diasingkan di Pulau Buru oleh rezim Orde Baru.

Sepuluh tahun ia menjalani pengasingan sebagai tahpol di Burn (1969-1979). Di bawah komando Badan Pelaksana Resettlement dan Rehabilitasi Pulau Buru (Bapreru), Gregorius bersama para tahpol lain harus menghadapi siksaan, mengalami kerja paksa, juga memendam rasa rindu kepada keluarga. Sulit. Tetapi, Gregorius mencoba sabar dan percaya bahwa manusia punya ketegaran inasing masing untuk tetap bertahan.

Di tengah siluasi sulit itulah bahan memoar tiilisan Han sketsa ini lahir. Gregorius mengekspresikan memori, his tori, dan perenungannya sebagai tahpol dalam tulisandan sketsa ini tidak lianya dengan ma rah dan meratap, tetaj)i juga dengan meiiertawainya. "Aku tak ingin mengenang Pulau Burn sebagai kenangan paliit, nyatanya setiap jalan menuju cita-cita tak selalu indah," tuturnya.

REVIEW Tiada Jalan Bertabur Bunga

Buku sejenis lainnya