Pengantar Filsafat Ilmu dan Logika

  • Cover Pengantar Filsafat Ilmu dan Logika
Rp 62.900
Hemat Rp 3.145
Rp 59.755
Judul
Pengantar Filsafat Ilmu dan Logika
Penulis
No. ISBN
9786028555517
Tanggal terbit
2012
Jumlah Halaman
156
Berat
359 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Ilmu Sosial
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Pengantar Filsafat : Ilmu dan Logika berorientasi pada pembentukan pola pikir manusia yang rasional-metodis dan logis-rasional. Setiap pemikir yang berkualitas tentu harus dapat menguasai metode filsafat ilmu dan prinsip-prinsip berpikir logis secara baik.

Bahasan buku ini terdiri atas dua pokok kajian utama. Pokok kajian pertama mengenai Filsafat Ilmu (Philosophy of Science). Bagian nin mengurai secara sistematis tentang unsur-unsur hakiki di dalam filsafat ilmu (dalam Bab 1-7). Pokok kajian kedua membahas khusus tentang hal-hal yang berkaitan dengan elemen-elemen dasar dalam proses penalaran logis yang lazim disebut Logika (Logic).

Buku ini merupakan pintu masuk ke dalam semua bidang ilmu yang dipelajari dalam lingkup perguruan tinggi, termasuk di dalamnya psikologi, politik, hukum, komunikasi, sastra, dan ilmu-ilmu lainnya. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa semakin memahami khazanah kenyataan dunia filsafat ilmu dan logika yang kompleks, namun mempesona serta menyerap nilai-nilai filosofi dasar yang berguna.


Daftar Isi:

Bab 1 Horizon-horizon Filsafat
Bab 2 Ruang Lingkup Filsafat Ilmu
Bab 3 Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan
Bab 4 Filsafat Yunini sebagai Dasar Ilmu Pengetahuan Modern
Bab 5 Filsafat Ilmu dan Perkembangan
Bab 6 Klasifikasi, Susunan, dan Metode Filsafat Ilmu
Bab 7 Sikap Ilmiah dan Filosofi Pengembangan Ilmu
Bab 8 Berfikir Kritis
Bab 9 Logika sebagai Keniscayaan dalam Berfikir Kritis
Bab 10 Pengertian, Penggolongan, dan Definisi
Bab 11 Keputusan
Bab 12 Silogisme Kategoris
Bab 13 Falasi dalam Penalaran


 TENTANG PENULIS

Frederikus Fios, lahir di Kefemenanu, Timor, pada tanggal 11 Maret 1976. Ia menekuni pendidikannya di SMA Seminari Santa Maria Lalian, Timor (1991-1995) yang menempa penulis muda berbakat ini menjadi cendikiawan masa depan yang kritis, kreatif, inovatif dan inklusif. Studi filsafat untuk meraih gelar S-1 ditempuhnya di Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero, Flores (1997-2001). Penulis juga berkiprah di media cetak dengan menjadi jurnalis pada Harian Umum Flores Pos (2001-2002). Pada tahun 2002 mendalami Program Magister (S-2) di bidang Teologi dan lulus pada tahun 2004 dengan predikat cum laude IPK 3,83. Menjadi Ketua Editor VOX, sebuah jurnal filsafat/teologi, serta sudah menerbitkan tiga serial buku Kebudayaan : Kebijaksanaan Terlantar (2002), Hermeneutika (2003), dan Suara dari Bukit (2004). Pada tahun 2007, ia menjadi scripwriter pada Program Kroscek yang ditayangkan di stasiun TransTV. Karyanya banyak dipublikasikan di Harian Pos Kupang. Flores Pos, Mingguan DIAN, Majalah VERBUM, Jurnal VOX, Jurnal Humaniora, Jurnal Character Building, Jurnal Akademika, dan Tabloid Rumah Kita. Sejak  tahun 2006 hingga kini, menjadi dosen mata kuliah Character Building dan Filsafat di Fakultas Humaniora, Universitas Bina Nusantara Jakarta.


WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Ilmu Sosial terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020