Manajemen Keuangan Sektor Publik

  • Cover Manajemen Keuangan Sektor Publik
Rp 129.900
Hemat Rp 6.495
Rp 123.405
Judul
Manajemen Keuangan Sektor Publik
Penulis
No. ISBN
9789790613959
Penerbit
Tanggal terbit
2013
Jumlah Halaman
316
Berat
742 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Keuangan
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Buku Manajemen Keuangan Sektor Publik: Problematika Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/Daerah) merupakan buku berisi kumpulan tulisan-tulisan yang membahas berbagai macam topik dan bidang kajian dalam Manajemen Keuangan Sektor Publik (MKSP). Buku ini mencoba memberikan beberapa gambaran dan bahasan Problematika yang dihadapi oleh organisasi pemerintah, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sebagai sebuah organisasi publik. Problematika dimaksud adalah yang terkait penerimaan dan pengeluaran dana atau uang publik dalam pengelolaan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dan anggaran Pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Buku ini terdiri atas tiga bagian. Bagian Pertama membahas seputar Problematika Penerimaan dan Pengeluaran pada APBN yang diawali Bab 1 yang berisi pengantar untuk mengenal dan memahami persoalan mendasar tentang MKSP. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran awal bagi pembaca tentang berbagai bidang kajian problematika dalam MKSP dan menggambarkan sistematika serta kerangka berfikir ynag menjadi dasar penyusunan buku ini. Bahasan selanjutnya terkait antara lain masalah Penerimaan Perpajakan dan Penerimaan Dana dari Utang. Selain itu, membahas masalah Penyerapan Anggaran, termasuk masalah adanya idle cash, dan masalah Dana Perimbangan yakni Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus. Pada Bagian Kedua, bahasan yang dikemukakan mencakkup Problematika Penerimaan dan Pengeluaran pada APBD yang berisikan bahasan Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah, Potensi Hibah, Pinjaman Daerah, Penyertaan Modal Daerah, kemudian juga mencakup masalah Belanja Modal Daerah, dan Belanja Hibah tentang BOS. Bagian Ketiga berisikan bahasan masalah-masalah khusus dalam Penerimaan dan Pengeluaran APBN/D yakni masalah Subsidi dan Dana Bencana. Bahasan tentang subsidi terkait subsidi listrik, dan subsidi pangan. Selain itu, terdapat bahasan tentang pengalihan PBB-P2 dan BPHTB dari Pusat ke Daerah.

Dengan bahasan-bahasan tersebut diharapan pemerhati dan pembaca tentang pengelolaan keuangan publik/pemerintah dapat sebuah gambaran tentang problematika yang dihadapi dalam manajemen keuangan publik/pemerintah. Dengan gambaran problematika tersebut pula maka pemahaman terhadap manajemen keuangan publik akan lebih memadai di tengah-tengah banyak problematika manajemen APBN/D di Negara Kesatuan Rupublik Indonesia tercinta ini. Dengan gambaran problematika-problematika tersebut, maka harapan ke depan adalah bahwa pengelolaan keuangan negara/pemerintah diyakini akan lebih baik dan lebih akuntabel serta dipahami oleh masyarakat.


Daftar Isi:
BAGIAN I Permasalahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)
Bab 1 Manajemen Keuangan Publik: Sebuah Pengantar
Bab 2 Penerimaan Pajak Pemerintahan Pusat
Bab 3 Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
Bab 4 Manajemen Pinjaman Luar Negeri
Bab 5 Surat Utang Negara
Bab 6 Manajemen Pinjaman Proyek
Bab 7 Manajemen Penyerapan Anggaran
Bab 8 Kas Menganggur: Dilema antara Penyerapan, Risiko, dan Tuntutan Hukum
BAGIAN II Permasalahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)
Bab 10 Dana Alokasi Khusus
Bab 11 Optimalisasi Pendapatan Daerah Melalui Sektor Pajak Sarang Burung Walet: Studi Kasus di Kabupaten Blitar
Bab 12 Pendapatan Asli Daerah: Pajak Hotel dan Restoran
Bab 13 Pengelolaan Potensi Hibah sebagai Pendapatan Daerah
Bab 14 Pinjaman Daerah
Bab 15 Penyertaan Modal Daerah
Bab 16 Belanja Modal Daerah
BAGIAN III Permasalahan Khusus
Bab 17 Belanja Hibah: Bantuan Operasional Sekolah
Bab 18 Subsidi Listrik
Bab 19 Subsidi Pangan
Bab 20 Dana Bencana
Bab 21 Pengalihan PBB-P2 dan BPHTB ke Daerah: dari Tantangan Menuju Peluang


 TENTANG PENULIS

Prof. Dr. Abdul Halim, M.B.A, Akt.,lahir di Banjarmasin pada 28 Juli 1958. Menjadi dosen di Fakultas Ekonomi UGM sejak 1983. Setelah menyelesaikan MBA di Murray State University, Kentucky, Amerika Serikat pada 1991, mengikuti Local Government Finance Course di University of Birmingham, Inggris pada 1994. Selain menjadi staf pengajar S-1, S-2 maupun S-3, pernah pula menekuni profesi sebagai akuntan publik pada KAP Moechtar Talib & Co. (19811983) dan KAP Hadori & Rekan (19841995). Di samping aktif sebagai dosen, sejak 1996 menjabat sebagai ketua Kursus Keuangan Daerah-Penelitian dan Pengembangan Ekonomi FE UGM (sekarang P2EB-FEB UGM) hingga 2006. Sejak 20022010 menjabat sebagai Asisten Direktur II (Bidang Administrasi dan Keuangan) Pascasarjana UGM. Sejak 2006-sekarang menjadi anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan RI, bidang desentralisasi fiskal (TADF). Di program Magister Ekonomika Pembangunan UGM, mengajar pada konsentrasi keuangan daerah. Konsentrasi tersebut ditekuni dalam menempuh Program Doktoralnya yang ditempuh melalui program sandwich (UGM-University of Kentucky) sejak 1998 yang diselesaikannya pada Maret 2002 dengan judul disertasi Analisis Varian atas Anggaran Pendapatan Asli Daerah pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia. Segera setelah menyandang gelar Doktor, dikukuhkan sebagai Guru Besar UGM pada 17 Januari 2004 pada usia 46 tahun. Pidato pengukuhan Guru Besarnya berjudul Reformasi Akuntansi Keuangan dan Anggaran Daerah: Dua Pilar Utama Manajemen Keuangan Daerah. Pada tahun 20012004 menjadi rekanan BIGG (Building Institutions for Good Governance) dan sejak tahun 2000 menjadi konsultan berbagai daerah di tanah air dalam bidang manajemen keuangan daerah.


Buku-buku karyanya antara lain: Auditing 1: Dasar-Dasar Audit Laporan Keuangan, Analisis Laporan Keuangan; Auditing 2: Dasar-Dasar Prosedur Pengauditan Laporan Keuangan; Dasar-Dasar Akuntansi Biaya; Akuntansi Keuangan Menengah: Ringkasan Teori, Soal, dan Jawab; Bunga Rampai Sistem Informasi Akuntansi; Manajemen Keuangan, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan: Buku 1 Analisis dan Manajemen Aktiva; Manajemen Keuangan Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan: Buku 2 Analisis dan Manajemen Aktiva; Akuntansi Manajemen; Auditing: Pembahasan Soal, Teori, dan Kasus; Soal Jawab Pengantar Akuntansi 2; Soal Jawab Akuntansi Manajemen; Program Akuntansi; Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah; Seri Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah: Akuntansi dan Pengendalian Keuangan Daerah. Selain itu juga, telah terbit buku Teori, Konsep, dan Aplikasi Akuntansi Sektor Publik; Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah (Berbasis Akrual) terbitan Penerbit Salemba Empat.

Karya ilmiah di bidang keuangan daerah yang pernah ditulis, antara lain: Memahami Undang-Undang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sebagai Satu Perubahan Strategi Pemerintah dalam Peningkatan Pendapatan Daerah (Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 1997); An Investigation into the Traditional and NPM Approach That Should Guide Budgetary Reform in Local Government Developing Countries (Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 1997); Analisis Sederhana terhadap Pola Revisi Anggaran atas Pajak, Retribusi, dan Belanja Dipenda (laporan penelitian, 1998); Analisis Deskriptif Pengaruh Fiscal Stress pada Komponen Anggaran Daerah Tingkat II (laporan penelitian, 1998); Anggaran Daerah dan Fiscal Stress (Sebuah Studi Kasus pada Anggaran Daerah Provinsi di Indonesia) (JEBI, 2001); Studi Perbandingan Struktur Belanja Rutin pada Daerah yang Administrative Dependency Ratio (ADR-nya) Tinggi dan Rendah (laporan penelitian, 2001); Sekelumit tentang Arti Penting Akuntansi Sektor Publik dalam Kaitannya dengan Reformasi Sistem Keuangan Publik (Makalah, 2002).

Daerah-daerah yang pernah ditangani/bekerja sama, antara lain: Kabupaten Pasuruan, Kota Tegal, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonogiri, Kota Cilegon, Kabupaten Bogor, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Banten, Kabupaten Malang, Kabupaten Sleman, Kabupaten Banyuwangi, Kota Banjarbaru, Kabupaten Siak, Kabupaten Banjarnegara, Kota Cirebon, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Jembrana, serta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil riil penanganan akuntansi keuangan daerah di Kabupaten Banjarnegara pada waktu itu mendapat hasil pemeriksaan wajar tanpa pengecualian dengan bahasa penjelas dari Badan Pemeriksa Keuangan RI.



WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Keuangan terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Abdul Halim lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020