HUKUM PAJAK MATERIAL 1 : Seri Pajak Penghasilan

  • Cover HUKUM PAJAK MATERIAL 1 : Seri Pajak Penghasilan
Rp 69.900
Hemat Rp 3.495
Rp 66.405
Judul
HUKUM PAJAK MATERIAL 1 : Seri Pajak Penghasilan
No. ISBN
9786028555487
Tanggal terbit
September - 2011
Jumlah Halaman
262
Berat
399 gr
Jenis Cover
-
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Perpajakan
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Tidak dapat dipungkiri bahwa peranan pajak dalam rangka pembiayaan pembangunan nasional sangat penting dan mendalam. Proses perpajakan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah dapat mewujudkan kemajuan bersama dalam kehidupan bermasyarakat.

Keberhasilan sistem perpajakan yang dianut di negara kita, yaitu sistem self assessment (sistem di mana masyarakat diberikan kepercayaan untuk menghitung, menyetor, dan melaporkan sendiri pajak yang terutang menurut ketentuan perpajakan) sangat bergantung pada pemahaman masyarakat mengenai sistem dan ketentuan perpajakan. Salah satu ketentuan perpajakan tersebut adalah Undang-Undang Pajak Penghasilan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan dan terakhir telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 (UU PPh). Pada tataran pelaksanaan di lapangan, masyarakat banyak mengalami kesulitan atau kurang memahami sistem dan ketentuan perpajakan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu penunjang dalam memperluas pengetahuan dan mewujudkan kesadaran masyarakat dalam memahami peranan pajak bagi pembangunan.

Dalam rangka membantu masyarakat memahami aturan perpajakan dengan baik, khususnya pajak penghasilan, buku Hukum Pajak Material 1: Seri Pajak Penghasilan menyajikan materi tentang penjelasan sistematis dan runtun sesuai topik, pasal, dan peraturan pelaksanaan sebagai tindak lanjut undang-undang perpajakan. Buku ini juga membahas teknik pembayaran pajak yang terutang dan fasilitas perpajakan untuk usaha dan daerah tertentu, sehingga memudahkan dalam memahami sistem dan prinsip dasar Undang-Undang Pajak Penghasilan. Selain itu, buku ini membahas materi tentang pemajakan yang dianut oleh Undang-Undang Pajak Penghasilan, yaitu penghasilan atas usaha tertentu, penghasilan Wajib Pajak tertentu, penghasilan selain penghasilan tertentu, dan penghasilan yang diterima oleh orang atau badan luar negeri yang bersumber dari Indonesia sebagai Bentuk Usaha Tetap atau dipotong PPh Pasal 26 dengan mempertimbangkan ada atau tidak ada tax treaty.

Daftar Isi:
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Sistematika Isi UU PPh
Bab 3 Subjek Pajak Penghasilan
Bab 4 Penghasilan: Objek PPh dan Bukan Objek PPh
Bab 5 Tarif atau Besarnya PPh Terutang
Bab 6 Penghasilan Neto: Biaya Fiskal, Kompensasi Kerugian, dan PTKP
Bab 7 Aset Tetap: Penilaian, Penyusutan, Pengalihan, dan Pemisahan atau Penggabungan Usaha
Bab 8 Kewajaran Transaksi Hubungan Istimewa dan Revaluasi Aset Tetap
Bab 9 Penghasilan Neto: Penghitungan Norma Penghitungan
Bab 10 Pembayaran Pajak Penghasilan
Bab 11 Pemajakan Penghasilan Final Pasal 4 ayat 2 atas Penghasilan Tertentu
Bab 12 PPh Pasal 21: Kewajiban Pemotongan Pajak dan Kredit Pajak Imbalan Pekerjaan/Jasa/Kegiatan kepada Orang Pribadi
Bab 13 PPh Pasal 22: Kewajiban Pemotongan Pajak dan Kredit Pajak atas Transaksi Barang
Bab 14 PPh Pasal 23: Kewajiban Pemotongan Pajak dan Kredit Pajak atas Passive Income dan Jasa
Bab 15 PPh Pasal 24: Pengkreditan Pajak yang Dipotong di Luar Negeri
Bab 16 PPh Pasal 25: Angsuran Dibayar Sendiri dalam Tahun Berjalan
Bab 17 Pemajakan Wajib Pajak Luar Negeri: Dikenakan Pajak sebagai BUT atau Dipotong PPh Pasal 26 Menurut UU PPh dan P3B (Tax Treaty)
Bab 18 Pemajakan Penghasilan Pasal 15 atas Wajib Pajak Tertentu
Bab 19 Pasal 31D UU PPh: Pajak Penghasilan Berbasis Syariah
Bab 20 Pasal 31D UU PPh: Pajak Penghasilan Minyak dan Gas Bumi
Bab 21 Fasilitas Perpajakan
Bab 22 Perpajakan Hibah Luar Negeri

FITUR-FITUR BUKU

Setiap bab dilengkapi dengan kutipan pasal dan Peraturan Pemerintah yang berkaitan dengan materi bab beserta penjelasannya, sehingga mempermudah pembaca dalam memahami peraturan yang dibuat berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.

TENTANG PENULIS

Wirawan B. Ilyas, menyelesaikan pendidikan S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, S2 bidang Administrasi Perpajakan di Program Pascasarjana Universitas Indonesia, dan S3 Manajemen Bisnis bidang Akuntansi di Universitas Padjajaran. Juga menempuh pendidikan hukum pada Program Ekstensi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Program Magister Hukum Bisnis pada Fakultas Hukum Universitas Padjajaran.

Aktif mengikuti berbagai pelatihan dan seminar di bidang akuntansi, audit, dan perpajakan internasional di beberapa wilayah di luar negeri, seperti Hong Kong, Sidney, dan Los Angeles. Selain aktif sebagai staf pengajar pada beberapa lembaga, seperti Departemen Ilmu Administarasi FISIP UI dan LM FE UI, FE Universitas Multimedia Nusantara, beberapa Program Magister Hukum di Jakarta, Sekolah Akuntansi Negara, dan Program Diploma Pajak Departemen Keuangan Republik Indonesia, juga berprofesi sebagai akuntan publik, tax litigation, dan legal advisory.

Rudy Suhartono, menyelesaikan Program Diploma III spesialisasi Perpajakan di Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan Departemen Keuangan Republik Indonesia, Program Diploma IV spesialisasi Perpajakan di Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan Departemen Keuangan Republik Indonesia, dan Program Pascasarjana Kebijakan Fiskal di Universitas Indonesia.

Selain sebagai asisten pengajar di Pusdiklat Perpajakan Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan Jakarta, juga aktif menjadi praktisi pada Majelis Pertimbangan Pajak (sekarang Pengadilan Pajak) Jakarta, Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing (KPPP MA) Jakarta, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jaya Khusus (Kanwil Khusus) Jakarta, Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Tiga (KPP PMA 3) Jakarta, Kantor Penyuluhan dan Pengamatan Potensi Pajak (KP4) Malang, Kantor Pelayanan Pajak Surakarta, dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat II Bekasi.


WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Perpajakan terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Wirawan B. Ilyas, Rudy Suhartono lainnya:

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020