Pengantar Penginderaan Jauh Digital

  • Cover Pengantar Penginderaan Jauh Digital
Rp 113.500
Hemat Rp 17.025
Rp 96.475
Judul
Pengantar Penginderaan Jauh Digital  
No. ISBN
9789792931129
Penulis
Penerbit
Tanggal terbit
Juni - 2012
Jumlah Halaman
398
Berat Buku
552 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Teknologi Informasi
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit 5-6 Hari Kerja icon-help
Stok Tidak Tersedia
WHY CHOOSE US?
TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Teknologi Informasi terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

DESCRIPTION


Pengindraan jauh sangat diperlukan dalam aktivitas survei-pemetaan untuk pengelolaan lingkungan, evaluasi lahan, perencanaan wilayah, dan penanganan bencana. Citra satelit merupakan salah satu sumber data utama untuk keperluan tersebut. Melalui buku ini, pembaca diperkenalkan dengan konsep citra digital pengindraan jauh, cara perolehan, kalibrasi/koreksi dan analisisnya untuk pemetaan, serta kajian lingkungan, kewilayahan, dan sumber daya. Beberapa jenis citra digital digunakan sebagai contoh di sini, meskipun titik beratnya masih pada citra satelit sumber daya. Buku teks ini dirancang untuk menjadi pegangan dasar bagi peneliti yang mendalami pengindraan jauh dan sistem informasi geografis (GIS), serta bagi mahasiswa di fakultas/jurusan ilmu kebumian (geografi, geodesi, geologi dan geofisika), maupun bidang lain yang terkait dengan kajian lingkungan dan kewilayahan (kehutanan, pertanian, planologi/perencanaan wilayah, dan kelautan).

Isi buku ini terbagi ke dalam sembilan bab, meliputi

(1) Pendahuluan,
(2) Cara Perolehan Citra Digital dan Karakteristiknya,
(3) Sistem Pengindraan Jauh sebagai Penghasil Citra Digital,
(4) Statistik dan Aljabar Citra untuk Visualisasi dan Analisis Data Pengindraan Jauh,
(5) Restorasi dan Kalibrasi Citra,
(6) Penajaman Citra dan Pemfilteran Spasial,
(7) Transformasi Spektral,
(8) Klasifikasi Multispektral, dan
(9) Penutup: Metode Analisis Lanjut Citra Pengindraan Jauh.

REVIEW Pengantar Penginderaan Jauh Digital

Oleh : dekik01, 16 Agu 2012-17:36:18

Rating
+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating
Buku sejenis ini sudah pernah saya baca di pertengahan 1990-an. Penulisnya sama (Dr.Prodjo Danudoro) meskipun judulnya berbeda. Buku tersebut setahu saya jadi rujukan di berbagai tempat di Indonesia hingga awal tahun ini. Teman-teman saya kebanyakan pakai buku ini sebagai pustaka dalam tulisan mereka. Entah kenapa buku tersebut tidak pernah diterbitkan dan hanya beredar dari fotokopi ke fotokopi selama belasan tahun. Sekarang, setelah diterbitkan, saya lihat bahwa banyak isi yang berubah sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Bahkan kedalaman konsep dan teorinya juga sangat terasa dibandingkan beberapa buku lain yang beredar dan ditulis oleh dosen-dosen perguruan tinggi juga. Secara garis besar isinya bagus dan sangat membantu bagi pemula yang ingin belajar pengindraan jarak jauh ataupun GIS. Bahasanyapun relatif enak. Yang kemudian ditunggu, seperti janji penulisnya adalah kelanjutan buku yang isinya lebih advance.

Ada beberapa hal yang cukup menonjol dari tulisan Pak Prodjo ini. Pertama adalah cara meletakkan konteks pengindraan jarak jauh dalam kajian ilmu-ilmu keruangan khususnya geografi. Banyak pengguna pengindraan jarak jauh kurang memperhatikan bahwa teknologi ini berhubungan erat dengan bidang geografi, selain dengan geodesi, meskipun dari sisi pengembangan ilmunya, tampaknya geografi lebih menangani masalah hulu (perolehan) sampai hilir (aplikasi), kecuali dari sisi pengukuran geometrinya. Yang kedua adalah pembahasan yang cukup banyak dalam hal-hal yang berhubungan dengan nilai spektral. Klasifikasi, indeks vegetasi dan juga metode transformasi spektral lain disajikan cukup banyak, meskipun bagi sebagian pembaca rumus-rumus yang ada tidak selalu diperhatikan. Ketiga adalah cara penyajian yang di satu sisi tidak berorientasi software sekali, di sisi lain juga tidak menonjolkan aspek matematika dan pemrograman seperti gaya tulisan kebanyakan penulis dengan latar belakang keahlian elektro atau ilmu komputer. Serba di tengah, mungkin itu komentar yang pas, meskipun bagi pemrogram yang ingin belajar pengindraan jarak jauh menjadi kurang memuaskan. Tapi kalau kita baca sinopsis di bagian sampul belakang, buku ini memang ditujukan bagi praktisi, mahasiswa atau dosen di bidang ilmu pemetaan dan terapannya, bukan ilmu komputer atau elektronika.

Beberapa yang masih saya cari dan belum ketemu adalah ulasan tentang citra pengindraan termal seperti yang biasa dimanfaatkan untuk kajian cuaca. Di samping itu juga teknik-teknik analisis citra radar. Mudah-mudahan topik-topik itulah yang nanti akan disajikan dalam buku terpisah.

Buku terbitan Andi Publisher lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku pengembangan Maret 2019
Buku Populer & Terlaris 2019
Resep Masakan 2019
Pelajaran Sekolah 2019