MIKOLOGI : Dasar dan Terapan (Edisi Revisi)

  • Cover MIKOLOGI : Dasar dan Terapan (Edisi Revisi)
Rp 150.000
Hemat Rp 7.500
Rp 142.500
Judul
MIKOLOGI : Dasar dan Terapan (Edisi Revisi)
No. ISBN
9789794618752
Tanggal terbit
2014
Jumlah Halaman
242
Berat
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Teknologi Pertanian
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Biodiversitas mendapat perhatian besar dari para ilmuwan di seluruh dunia, begitu pula di Indonesia. Indonesia adalah Negara yang unik lingkungannya, dan tentunya juga unik penghuni alamnya, antara lain terdapatnya mikroorganisme. Setelah Convention on Biological Diversity ditandatangani pada tahun 1992, maka penelitian mengenai diversitas hayati di hampir seluruh dunia gencar dilakukan, begitu pula di Indonesia.

Di bidang mikrobiologi masih banyak sekali mikroorganisme yang belum diketahui, belum diisolasi, belum diidentifikasi, belum diteliti potensinya, belum dimanfaatkan, belum dilestarikan. Fungi hanya merupakan bagian kecil dari dunia mikroorganisme secara keseluruhan, akan tetapi peran mereka dalam hidup kita sangat penting.

Sehubungan jumlah mikologiwan di Indonesia masih sedikit sekali, maka informasi mengenai fungi perlu sekali disampaikan, agar, terutama pada generasi muda, timbul minat mau meneliti dunia fungi tersebut. Buku ini ditujukan untuk para pemula. Untuk itu diperlukan pengetahuan dasar terlebih dahulu, baru kemudian disampaikan informasi peran fungi dalam kehidupan makhluk hidup lainnya.

Dalam Bab I dibahas secara singkat apa fungi itu sebenarnya. Dalam Bab II dibahas mengenai morfologi dan anatomi fungi, kemudian dalam Bab III dibahas mengenai metabolism fungi agar lebih dapat diketahui mengenai apa saja yang terjadi dalam sel fungi yang hidup dan nutrien apa saja yang diperlukannya. Dalam Bab IV dibahas mengenai pertumbuhan fungi sesudah mengambil nutrien dari lingkungan. Sesudah fungi tumbuh menjadi koloni, fungi akan melakukan reproduksi. Hal tersebut dibahas dalam Bab V, dan untuk mengenal kelompok-kelompok fungi, dalam Bab VI dibahas sistematika fungi.

Peran fungi dalam kehidupan kita dibahas dalam bab-bab berikutnya, antara lalin Fungi dan Kesehatan, Fungi dan Lingkungan, Fungi dan Deteriorasi Bahan, Fungi dan Industri, dan Pembudidayaan Cendawan (Bab VII, VIII, IX, X, dan XI).

Agar para pemula dapat melakukan isolasi sendiri dari alam, dalam Bab XII diberikan beberapa cara isolasi. Selanjutnya apabila sudah mendapatkan isolat-isolat, maka cara pemeliharaannya dapat dibaca di Bab VIII.

Para peminat mikologi yang ingin mendalami pengetahuan tentang fungi dianjurkan membaca glosari dan daftar acuan atau daftar pustaka, sebab hasil penelitian diversitas fungi telah dilakukan di FMIPA Universitas Indonesia, dan perlu digali lebih mendalam, tercantum dalam buku ini. Antara lain dapat disebutkan penelitian fungi laut, fungi mangrove, dan fungi endofit dari tumbuhan mangrove.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Teknologi Pertanian terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku terbitan Yayasan Obor Indonesia lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020