Manajemen Portofolio dalam Investasi Saham

  • Cover Manajemen Portofolio dalam Investasi Saham
Rp 119.900
Hemat Rp 5.995
Rp 113.905
Judul
Manajemen Portofolio dalam Investasi Saham
Penulis
No. ISBN
978
Penerbit
Tanggal terbit
Oktober - 2011
Jumlah Halaman
370
Berat
673 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Bisnis-Investasi
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Pada hakikatnya, harga saham perusahaan ditentukan oleh prospek perusahaan tersebut di masa mendatang. Harga saham adalah cerminan dari pengelolaan perusahaan yang baik oleh manajemen untuk menciptakan dan memanfaatkan prospek usaha, sehingga memperoleh keuntungan dan mampu memenuhi tanggung jawabnya terhadap para pemangku kepentingan (stakeholders), yaitu pemilik, karyawan, masyarakat, dan pemerintah. Oleh karena itu, kemampuan dalam menganalisis kinerja operasi dan keuangan perusahaan serta perkembangan pasarnya akan sangat membantu keberhasilan investasi di pasar modal.

Untuk mengurangi risiko investasi saham dan agar memberikan hasil (return) yang lebih pasti, perusahaan sekuritas dan fund manager membuat paket-paket instrumen investasi berupa portofolio yang terdiri dari saham, obligasi, dan instrumen keuangan lainnya. Namun, bagaimana mereka menentukan proporsi setiap instrumen dalam portofolio tersebut dan berapa besar risiko setiap paket investasi tersebut? Dalam memasarkan produknya, fund manager lebih menekankan pada return yang akan diberikan oleh setiap produk yang ditawarkan lebih tinggi daripada tingkat bunga deposito.

Buku ini membahas tentang return dan risiko investasi dalam saham dan portofolio saham, proses pemilihan saham, pembentukan portofolio dan alokasi dana investasi, teori portofolio untuk Single-index Model, Multi-index Model, short selling, Capital Asset Pricing Model, Arbitrage Pricing Theory, strategi investasi dan analisis kinerja portofolio saham, serta teknik-teknik perhitungannya menggunakan Excel. Sebagian besar teori yang digunakan diambil dari buku Modern Portfolio Theory and Investment Analysis edisi ketiga karya Edwin J. Elton dan Martin J. Gruber, terbitan John Wiley & Sons, 1987. Buku ini melengkapi teori-teori portofolio tersebut dengan implementasi investasi dalam portofolio saham.

Daftar Isi:
Bab 1 Return Saham dan Portofolio
Bab 2 Risiko Saham dan Portofolio
Bab 3 Varian Tiga Dimensi
Bab 4 Single Index Model
Bab 5 Short Selling
Bab 6 Efficient Set dan Portofolio Optimal
Bab 7 Capital Asset Pricing Model dan Arbitrage Pricing Theory
Bab 8 Evaluasi Kinerja Portofolio
Bab 9 Strategi Portofolio Aktif dan Pasif
Bab 10 Implementasi Strategi Constant Expected Return dalam Portofolio Saham

FITUR-FITUR BUKU

    * Contoh-contoh dan langkah-langkah proses pembuatan portofolio menggunakan Excel dan visualisasi hasil perhitungan dalam bentuk tabel dan grafik yang membantu pembaca untuk mempelajari proses perhitungan secara lebih mendalam.
    * Latihan di tiap akhir bab yang membantu pembaca mengimpelementasikan dan menyimulasikan teori yang telah dibahas ke dalam portofolio saham yang diinginkan.
    * CD Lampiran berisi simulasi portofolio dengan Excel untuk menentukan proporsi saham-saham yang akan dimasukkan dalam portofolio, proses pembentukan portofolio yang efisien dalam kondisi short sale dibolehkan maupun dilarang, cara pembuatan grafik fungsi varians tiga dimensi, metode pengukuran kinerja, dan keuntungan atau kerugian dari portofolio saham. Juga berisi data-data harga saham dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) harian di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 19962006, sehingga pembaca dapat menggunakannya untuk membuat berbagai contoh portofolio dan analisisnya menggunakan data riil. Melalui program simulasi dan data-data harga saham tersebut pembaca dapat membuat portofolio saham dan menguji kinerja aktualnya setiap periode (seminggu, sebulan, setahun) dan membandingkan dengan return teoretisnya.

TENTANG PENULIS

Zalmi Zubir merupakan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1984 dan memperoleh gelar Master of Business Administration dari Strathclyde Graduate Business School (SGBS), University of Strathclyde, Glasgow, Inggris, pada 1992. Saat ini menjadi pengajar pada Departemen Manajemen FEUI dan pengajar tidak tetap pada Program Magister Manajemen Universitas Andalas. Juga berkarier dalam dunia bisnis dan pernah menjabat sebagai staf Lembaga Manajemen FEUI maupun sebagai direktur utama atau direktur keuangan pada beberapa perusahaan di bawah payung Medco Group. Selain itu, memiliki keahlian dalam membuat program simulasi bisnis menggunakan Excel dan menjadi pengasuh untuk mata kuliah simulasi bisnis di Departemen Manajemen FEUI serta merupakan pendiri LinkBiz Indonesia yang bergerak dalam bidang pelatihan pembuatan program simulasi bisnis danbusiness game.


WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Bisnis-Investasi terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Zalmi Zubir lainnya:

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020