Manajemen Risiko Perbankan Syariah di Indonesia

  • Cover Manajemen Risiko Perbankan Syariah di Indonesia
  • Cover Manajemen Risiko Perbankan Syariah di Indonesia
Rp 129.900
Hemat Rp 25.980
Rp 103.920
Judul
Manajemen Risiko Perbankan Syariah di Indonesia  
No. ISBN
9789790612372
Penerbit
Tanggal terbit
2013
Jumlah Halaman
474
Berat Buku
742 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Ekonomi Syariah
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
WHY CHOOSE US?
TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi buku terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan anda langsung diproses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006.
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

    Perkembangan industri perbankan syariah yang demikian masif di Indonesia telah mengantarkan industri ini pada kesadaran yang lebih tinggi akan pentingnya mengelola risiko yang muncul atau diantisipasi akan muncul.

Kesadaran akan pentingnya implementasi manajemen risiko perbankan syariah di Indonesia didorong oleh beberapa alasan. Pertama, kegiatan usaha perbankan syariah tidak terlepas dari risiko yang dapat mengganggu kelangsungan usahanya sehari-hari. Risiko ini muncul karena secara fungsional dan operasionalnya, perbankan syariah mempunyai peranan sebagai lembaga keuangan yang tidak terlepas dari perkembangan internal dan eksternal perbankan syariah itu sendiri yang semakin pesat dan hal tersebut mengakibatkan risiko kegiatan usaha perbankan syariah semakin kompleks. Kedua, karekteristik produk dan jasa perbankan syariah memerlukan fungsi identifikasi, pengukuran, pemantauan, dan pengendalian risiko yang sesuai dengan kegiatan usaha perbankan syariah. Ketiga, setiap langkah-langkah yang dilakukan bank syariah dalam memitigasi risiko harus mempertimbangkan kesesuaian dengan prinsip syariah. Keempat, pengelolaan setiap aktivitas fungsional bank syariah harus terintegrasi ke dalam suatu sistem dan proses pengelolaan risiko yang akurat dan komprehensif.

Berpijak dari empat alasan tersebut, penerapan manajemen risiko perbankan syariah di Indonesia tidak dapat ditunda lagi dan harus segera dikelola sesuai dengan ukuran, kompleksitas usaha serta kemampuan bank secara sehat, istiqomah, dan sesuai dengan prinsip syariah.

Buku ini sangat bermanfaat bagi para praktisi dan akademisi yang tertarik dengan isu manajemen risiko perbankan syariah. Buku ini juga dapat digunakan sebagai buku teks Mata Kuliah Manajemen Perbankan Syariah, Manajemen Risiko Perbankan Syariah yang diajarkan di program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia yang mengajarkan materi terkait.


Daftar Isi:
Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup:
Bagian Satu: Perbankan Syariah di Indonesia
Bab 1 Islam dan Perbankan
Bab 2 Perbankan Syariah di Indonesia
Bagian Dua: Manajemen Risiko Perbankan Syariah di Indonesia
Bab 3 Bank Syariah, Risiko, dan Regulasi
Bab 4 Implementasi Regulasi Manajemen Risiko Perbankan Syariah di Indonesia
Bab 5 Manajemen Risiko Kredit
Bab 6 Manajemen Risiko Pasar
Bab 7 Manajemen Risiko Likuiditas
Bab 8 Manajemen Risiko Operasional
Bab 9 Manajemen Risiko Hukum
Bab 10 Manajemen Risiko Strategis
Bab 11 Manajemen Risiko Kepatuhan
Bab 12 Manajemen Risiko Reputasi
Bab 13 Manajemen Risiko Imbal Hasil
Bab 14 Manajemen Risiko Investasi
Bab 15Manajemen Risiko Layanan Prima
Bagian Tiga: KPMM dan Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Syariah di Indonesia
Bab 16 Kewajiban Penyediaan Modal Minimum
Bab 17 Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Syariah
Bagian Empat: Supervisory Review, Disclosure, dan Governance
Bab 18 Supervisory Review dan Persyaratan Pengungkapan bagi Bank
Bab 19 Good Corporate Governance


 TENTANG PENULIS

Bambang Rianto Rustam, S.E., Ak., M.M., menyelesaikan pendidikan sarjananya pada Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau (FE UR). Kemudian, beliau melanjutkan pendidikannya di Magister Manajemen Universitas Riau (MM UR) dan lulus pada 2005. Sekarang beliau sedang mengikuti Program Doktoral (S-3) dalam bidang Islamic Economic and Finance (IEF) di Universitas Trisakti. Beliau berkesempatan mengikuti beberapa workshops internasional tentang Manajemen Risiko Perbankan Syariah, di antaranya ialah Ijarah dan IMBT International Training yang diselenggarakan oleh Muamalat Institute serta Workshops on Facilitating the implementation of IFSB Standards pada2008yang diselenggarakan Islamic Financial Services Board (IFSB).

Saat ini, penulis adalah seorang praktisi perbankan di sebuah bank komersial. Beliau juga aktif sebagai Dosen Pascasarjana, Magister Manajemen Universitas Riau. Penulis merupakan kolumnis perbankan di harian nasional seperti Republika, Harian Kontan, Harian Bisnis Indonesia, Harian Investor Daily, Harian Riau Pos, Majalah Infobank, Majalah Modal, dan Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia yang dipublikasikan oleh lembaga manajemen FE UI.

Karya-karya beliau terkini tentang manajemen risiko dan perbankan syariah adalah "Murabahah kepemilikan logam mulia", "Urgensi Manajemen Risiko Bank Syariah", "Urgensi Sertifikasi Bankir Syariah, BPRS, dan Risiko Konsentrasi Kredit", "Manajemen Risiko Operasional Bank" yang terbit di Harian Kontan.

Kemudian, penulis juga menulis topik tentang "Merger dan Kinerja Perbankan Syariah" di Harian Republika, "Spin Off UUS agar Cepat Tumbuh" di Majalah Infobank,"Urgensi Merger Bank BUMN Syariah", dan "Meningkatkan Kualitas Pembiayaan BPRS" di Harian Bisnis Indonesia.

Penulis yang mempunyai minat terhadap topik-topik mengenai manajemen risiko di perbankan syariah ini pernah meraih predikat highest scorer pada Branch Manager Course of Islamic Bank (Sekolah Kepala Cabang Bank Syariah) angkatan pertama di Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Jakarta. Semasa kuliah, penulis pernah menjadi mahasiswa teladan di Universitas Riau. Pada 2011, penulis lulus Ujian Kompetensi Training of Trainers LSP LKM yang diselenggarakan Bank Indonesia.

Buku-buku yang pernah diterbitkannya meliputi Persiapan Ujian Sertifikasi Manajemen Risiko (USMR) Tingkat Satu, Persiapan Ujian Sertifikasi Manajemen Risiko (USMR) Tingkat Dua, dan Persiapan Ujian Sertifikasi Manajemen Risiko (USMR) Tingkat Tiga.


REVIEW Manajemen Risiko Perbankan Syariah di Indonesia

Buku Sejenis Lainnya »