Hak dan Kewajiban Bagi Pekerja dan Pengusaha

  • Cover Hak dan Kewajiban Bagi Pekerja dan Pengusaha
Rp 30.000
Hemat Rp 1.500
Rp 28.500
Judul
Hak dan Kewajiban Bagi Pekerja dan Pengusaha
No. ISBN
9789793411439
Tanggal terbit
Desember - 2013
Jumlah Halaman
156
Berat
200 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Lainnya
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Pada bulan April 2013. Mahkamah Agung (MA) memutuskan hukuman penjara terhadap seorang pengusaha di Surabaya yang memiliki 53 karyawan namun mengupah buruhnya di bawah Upah Minimum Regional (UMR). Sebelumnya, oleh Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, pengusaha tersebut divonis bebas. Namun, Jaksa Penuntut Umum (JPU) kemudian mengajukan kasasi dan dikabulkan MA. Terdakwa terbukti melanggar Pasal 90 ayat 1 jo. Pasal 185 ayat 1 UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan. Hal ini merupakan sinyal peringatan serius bagi para pengusaha yang mengabaikan perundangan di bidang ketenagakerjaan (sumber: http://news.detik.com).


Pada zaman penjajahan Belanda, yang dimaksudkan dengan buruh adalah pekerja kasar seperti kuli, tukang, maupun mandor. Orang-orang ini disebut sebagai Blue Collar. Sedangkan yang melakukan pekerjaan di kantor pemerintah maupun swasta disebut sebagai karyawan/pegawai (White Collar).

Pembedaan oleh pemerintah Belanda ini membawa konsekuensi pada perbedaan perlakuan dan hak-hak. Hal ini tidak terlepas dari upaya untuk memecah belah orang-orang pribumi. Setelah Indonesia merdeka keadaan mulai berubah seiring dengan berbagai bentuk peraturan di bidang ketenagakerjaan.

Buku ini disusun berdasarkan kajian Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan peraturan perundang-undangan lainnya di bidang ketenagakerjaan yang berlaku atau yang pernah berlaku di Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan rincian penjelasan secara historis legalitas. Dengan demikian. pemahaman atas materi buku ini diharapkan dapat diperoleh secara utuh dengan didukung oleh fakta-fakta hukum yang ada.



****

Drs. Danang Sunyoto, S.H., S.E., M.M. Bekerja sebagai dosen tetap Program S-1 Jurusan Manajemen dan Program Pasca-sarjana (S-2) Magister Manajemen pada Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra Yogyakarta. Merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Widya Mataram Yogyakarta. Lulusan dari Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Komunikasi Bisnis, Universitas Mercu Buana dan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Tahun 2009-2013 menjabat sebagai Kepala Laboratorium Komputer Manajemen Universitas Janabadra. Aktif dalam kegiatan penelitian dan menulis buku literature. Saat ini sedang menempuh Program Doktor Manajemen (S-3) pada Program Doktor Ilmu Ekonomi di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Lainnya terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Drs. Danang Sunyoto, S.H., S.E., M.M. lainnya:

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020