Jakarta Punya Cara

  • Cover Jakarta Punya Cara
  • Cover Jakarta Punya Cara
Rp 40.000
Hemat Rp 8.000
Rp 32.000
Judul
Jakarta Punya Cara  
No. ISBN
9786029625646
Penulis
Tanggal terbit
Maret - 2013
Jumlah Halaman
152
Berat Buku
150 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Sosial-Politik
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
Stok Tidak Tersedia

Zeffry Alkatiri kembali menulis tentang kota kelahirannya, setelah buku pertamanya Pasar Gambir, Es Sanghai, dan Komik Cina: Sisi Melik Jakarta tahun 1970-an (Kobam 2010) telah habis laris manis. Dalam buku ini Zeffry mengangkat berbagai aspek yang mungkin kurang diperhatikan oleh pihak lain, seperti, arena balapan, pawai, tradisi petasan, perumahan, lelang perabotan, kongkow-kongkow, sekolah negeri, pabrik gas, toko buku, radio Betawi, nama jalan, grafiti, gedung-gedung tua, tukang jahit, para pedagang yang menghilang, serta beberapa kebiasan dari masyarakat Betawi maupun dari masyarakat minoritas lain dalam mensiasati hidupnya di Jakarta yang cepat berubah.

Konsentrasi periode dalam buku ini beragam. Ada artikel yang menyoroti fenomena Jakarta yang terjadi sekitar tahun 1960-1980-an, tetapi ada juga tentang periode sebelum dan  sesudahnya.

Dalam buku ini diperihatkan bagaimana warga Jakarta yang multikultur  mencoba mensiasati kehidupannya dengan berbagai cara, baik yang yang dilakukan dengan cara halal maupun yang dianggap merugikan orang lain. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan mereka yang sebagian belum terpenuhi secara optimal.

Di dalam buku ini juga diperlihatkan bagaimana lubang-lubang kesempatan yang sekecil apapun mampu untuk dibuka lebar oleh berbagai warganya dengan berbagai cara. Begitu juga yang dilakukan oleh pihak Pemda, dengan berbagai peraturannnya, mereka mencoba mensiasati tuntutan warganya dengan berbagai cara. Itulah Jakarta punya cara!

REVIEW Jakarta Punya Cara

Buku sejenis lainnya