Kompaspedia Partai Politik Indonesia 1999-2019

  • Cover Kompaspedia Partai Politik Indonesia 1999-2019
Rp 272.000
Hemat Rp 40.800
Rp 231.200
Judul
Kompaspedia Partai Politik Indonesia 1999-2019
Penulis
No. ISBN
9789797099947
Penerbit
Tanggal terbit
Februari - 2016
Jumlah Halaman
490
Berat
600 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Sosial-Politik
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Buku ini dirancang agar tetap berguna bagi pembaca tanpa mengenal waktu dan selalu terkini. Selain mendapatkan konten dari buku, pembaca juga dapat mengakses berita mutakhir terkait partai politik di parpol.kompas.com. Berita dalam situs ini langsung tersambung dengan berita koran Kompas terbaru pada saat Anda melakukan akses internet. Dengan demikian, informasi yang disajikan di dalam buku ini tidak lekang oleh waktu, karena selalu dirujuk ke akses digital ke situs. Tidak hanya informasi terkini, akses internet juga diarahkan pada arsip digital koran Kompas yang terbentang dari tahun 1965 sampai sekarangsebuah arsip komprehensif yang merekam seluruh peristiwa di Indonesia.

Diharapkan buku ini bisa berkontribusi bagi khazanah pustaka perkembangan politik Indonesia, dan bisa menjadi rujukan bagi mereka yang ingin mengetahui lebih dalam tentang politik Indonesia. Semakin menguatnya posisi aktor politik, pemegang kuasa tertinggi partai, menjadi gejala paling menonjol dalam membaca corak institusionalisasi kepartaian saat ini. Kisah konsolidasi partai yang dilakukan melalui berbagai ajang musyawarah nasional, muktamar, ataupun kongres partai, lebih banyak menunjukkan suatu perjalanan transformasi corak kepartaian yang menonjolkan kekuatan sosok kepemimpinan partai dalam membentuk pola-pola patronase politik, dibandingkan dengan kisah pembentukan institusi partai politik yang bercorak penguatan ideologi ataupun sistem fungsional kepartaian. Megawati Soekarnoputri yang kini untuk kelima kalinya menjabat sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan (1999-2020); Susilo Bambang Yudhoyono yang terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat (2015-2020), partai yang sejak berdiri tahun 2003 diidentikkan dengan diri dan kepentingan politik dirinya; Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Partai Gerindra, partai yang semenjak pendiriannya tahun 2007 juga diidentikkan dengan dirinya; demikian pula dengan Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai Nasdem (2013-2018), tiga periode kepemimpinan Hanura oleh Wiranto, pemimpin muda seperti Muhaimin Iskandar bersama PKB (2005-2019), serta Aburizal Bakrie bersama Golkarsemuanya memiliki kecenderungan yang sama: mengonsentrasikan kekuatan dirinya. Ironisnya, tatkala konsentrasi kekuatan dilakukan, justru pada saat itu pula berlangsung dekonsentrasi kekuatan politik partai dalam menguasai massa pemilih.

Dengan kata lain, keberhasilan para sosok pimpinan partai mengukuhkan bangunan patronase hingga sekaligus mengindentikkan dirinya dengan partai harus dibayar mahal oleh kekalahan partai dalam menjaga dan memperkuat penguasaan konstituennya. Buku ini mengulas secara mendalam pola-pola konsentrasi-dekonsentrasi kuasa kepartaian yang terekam dalam sejarah kemunculan dan dinamika politik seluruh partai politik di negeri ini sejak berlangsungnya era liberalisasi politik 1999. Membacanya, sebentuk pertanyaan hipotetikal muncul, dalam hal apa saja kita masih (dan harus) percaya terhadap kiprah kepartaian di negeri ini?

Goodreads Review Kompaspedia Partai Politik Indonesia 1999-2019

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sosial-Politik terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Litbang Kompas lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Kompas lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020