Land Reform & Gerakan Agraria Indonesia

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0.5 rating
4.55 avg rating - 11 Goodreads ratings
  • Cover Land Reform & Gerakan Agraria Indonesia
Rp 80.000
Hemat Rp 12.000
Rp 68.000
Judul
Land Reform & Gerakan Agraria Indonesia  
No. ISBN
9786020857060
Tanggal terbit
Januari - 2017
Jumlah Halaman
-
Berat Buku
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Sosial-Politik
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ··
Lokasi Stok
Stok Tersedia. icon-help
WHY CHOOSE US?
TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sosial-Politik terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

DESCRIPTION

Buku ini merekam lintasan perjalanan land reform semenjak Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 1945. Land reform, salah satu amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA), dibekukan selama Orde Baru. Di masa akhir rezim otoriter Soeharto itu, disusul pula pada rezim-rezim sesudahnya, mandat tersebut dihidupkan kembali oleh kekuatan gerakan-gerakan agraria, para intelektual publik, dan para pejabat yang peduli pada nasib rakyat miskin perdesaan. Buku ini menunjukkan secara etnografis bagaimana cara-cara mereka berupaya membangkitan land reform menjadi suatu program nasional untuk mewujudkan cita-cita keadilan sosial.

****

Rachman memberikan suatu panorama penting mengenai gerakan agraria yang sedang tumbuh menguat dengan ide-ide pembentuk yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Ia menunjukkan bahwa perjalanan land reform di Indonesia bukan melintasi jalan yang lurus dan sempit. Rute menuju diakuinya land reform sebagai agenda berbagai kekuatan sosial dan kebijakan pemerintah itu bagaikan jalan mendaki gunung yang tinggi, terjal, berbatu, dan diterpa angin kencang. Apa yang ada di sebalik gunung masih menjadi pertanyaan, sehingga belum diketahui apa yang akan dilihat dan dihadapi.

Nancy Lee Peluso, profesor ekologi politik di University of California, Berkeley, Amerika Serikat


Berbeda dari banyak studi konvensional yang bekerja dengan sekat keilmuan yang ketat, karya Noer Fauzi Rachman ini mengintegrasikan berbagai pendekatan, mulai dari geografi kritis, sejarah sosial, sampai psikologi politik, dengan mempergunakan etnografi dalam penelitian dan penulisannya. Tidak seperti banyak sarjana lain yang membawa bagasi teori mereka ke lapangan untuk diuji, Noer Fauzi Rachman membawa segenap pengalaman dalam gerakan agraria, keterlibatan dalam proses-proses kebijakan di pemerintahan, dan pergumulan dengan naskah-naskah kunci studi agraria Indonesia, untuk pada gilirannya bisa dipercakapkan dengan teori yang berangkat dari pengalaman berbagai belahan dunia.

Hilmar Farid, sejarawan

Goodreads Review Land Reform & Gerakan Agraria Indonesia

Karya Noer Fauzi Rachman lainnya:

Buku terbitan Diandra Primamitra lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku pengembangan Maret 2019
Buku Populer & Terlaris 2019
Resep Masakan 2019
Pelajaran Sekolah 2019