Gajah Mada: Sistem Politik dan Kepemimpinan

  • Cover Gajah Mada: Sistem Politik dan Kepemimpinan
  • Cover Gajah Mada: Sistem Politik dan Kepemimpinan
Rp 78.000
Hemat Rp 11.700
Rp 66.300
Judul
Gajah Mada: Sistem Politik dan Kepemimpinan  
No. ISBN
9789791685528
Penulis
Penerbit
Tanggal terbit
Februari - 2018
Jumlah Halaman
298
Berat Buku
350 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
15x23mm
Kategori
Sosial-Politik
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
WHY CHOOSE US?
TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sosial-Politik terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

DESCRIPTION

Siapa yang tidak kenal Gajah Mada. Citra sosoknya yang agung dikisahkan dalam berbagai serat dan lukisan. Nama Gajah Mada melegenda di Nusantara karena prestasi besarnya sebagai tokoh pertama yang berhasil mempersatukan Nusantara menjadi national state di bawah pemerintahan Kerajaan Majapahit.

Tokoh Gajah Mada menjadi kunci puncak kejayaan Majapahit, tentu saja is menjalani masa pertumbuhan dalam kariernya. Gajah Mada tidak langsung menduduki Patih Amangkubumi Majapahit, tetapi is merintis karier dari jabatan rendah sebagai bekel pasukan Bhayangkara. Gajah Mada mengalami tiga era kepemimpinan, yaitu Jayanagara, Tribhuwana Wijaya Tunggadewi, dan Hayam Wuruk.

Di era Raja Hayam Wuruk yang agung, Gajah Mada mengucap Sumpah Palapa yang menjadi manifestasi dari sistem politik untuk mempersatukan Nusantara. Selain itu, kemahiran Gajah Mada dalam pelaksanaan program politik penyatuan Nusantara, politik pemerintahan, dan politik pembangunan Majapahit. Tetapi ada juga kegagalan program politik Gajah Mada yaitu dalam Perang Pasunda-Bubat.

Pencitraan Gajah Mada dalam identitas tertentu dibuat oleh para kawi dan pengarang-pengarang sejak zaman dahulu. Yang menarik penulis tak hanya menyertakan satu dua naskah sebagai bahan referensi dan penelitian. Namun mengambil dan meneliti enam sumber referensi dari Kakawin Nagarakertagama, Serat Pararaton, Kidung Sunda, Hikayat Banjul, Hikayat Hang Tuah, hingga Kakawin Gajah Mada. Gajah Mada tak pernah menaklukkan kerajaan-kerajaan di Sunda ataupun Jawa Barat. Namun dalam Kidung Sunda, pujian akan kebesaran Gajah Mada senantiasa diperdengarkan.

Kepemimpinan Gajah Mada menjadi nilai paling penting dari keberhasilannya dalam membesarkan Majapahit menuju ke puncak kejayaan menyatukan Nusantara. Kepemimpinannya didukung oleh tiga faktor kecerdasan. Apa sajakah faktor kecerdasan itu. Simak kekuatan, taktik, strategi, profil pemimpin, dan ajaran kepemimpinan yang dapat diambil dari Patih Amangkubumi Majapahit, Sang Legenda Gajah Mada.

Karya ENUNG NURHAYATI lainnya:

Buku terbitan Pustaka Narasi lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku pengembangan Maret 2019
Buku Populer & Terlaris 2019
Resep Masakan 2019
Pelajaran Sekolah 2019