Membongkar Supersemar

  • Cover Membongkar Supersemar
Rp 52.000
Hemat Rp 2.600
Rp 49.400
Judul
Membongkar Supersemar
No. ISBN
978
Penerbit
Tanggal terbit
2009
Jumlah Halaman
-
Berat
-
Jenis Cover
-
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Sosial-Politik
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Dalam rapat tanggal 5 September [19661 yang berlangsung sampai pukul 02.00 dinihari, para Panglima... setuju untuk mendukung Jenderal Soeharto guna menyampaikan ancaman terselubung terhadap Presiden Sukarno.
- Memorandum untuk Direktur CIA, 6 September 1966


"Tujuan para pemimpin Pemerintahan yang baru adalah untuk terus mengurangi pengaruh Sukarno secara bertahap."
- Memorandum dari Asisten Khusus Presiden (W.W. Rostow) kepada Presiden Johnson, 8 Juni 1966.


Surat Perintah 11 Maret 1966 (Supersemar) mesti dibongkar. Kemunculannya didahului oleh banjir darah setengah juta rakyat Indonesia dalam pembantaian massal yang berlangsung antara pekan ketiga bulan Oktober hingga Desember 1965. Usai surat itu ditandatangani Bung Karno dan kemudian diterima Letnan Jenderal Soeharto, politik Indonesia berubah drastis.

Kurang dari dua puluh empat jam setelah ditandatanginya surat itu, Soeharto langsung membubarkan Partai Komunis Indonesia(PKI),mengatur keanggotaan partai, menangkap belasan menteri dan menyingkirkan orang-orang yang pro Bung Karno. Supersemar juga menandai perubahan besar pada orientasi berbagai kebijakan di Indonesia:makin merosotnya kekuasaan Presiden Sukarno dan makin naiknya kekuatan Letnan Jenderal Soeharto; arah perpolitikan Indonesia berbelok dari sipil ke militer, dari berorientasi kiri ke haluan kanan, dan dari anti-nekolim menjadi pro modal asing.

Buku ini tak lagi menyoal perihal keaslian naskah Supersemar, tapi lebih memfokuskan pada sejarah mengenai pra-kondisi yang melahirkan Surat Perintah itu serta berbagai dampak yang muncul dengan membongkar dokumen-dokumen dari pemerintah Amerika Serikat. Dokumen-dokumen tersebut berasal dari Kedutaan Besar AS di Jakarta, Departemen Luar Negeri Amerika di Washington, CIA (Central Intelligence Agency), Gedung Putih, Kantor National Security Agency, dan dokumen sejumlah pejabat pemerintah di Indonesia.

Hampir semua dokumen tersebut berkode "Rahasia, "Konfidensial, "Distribusi Terbatas, atau "Tidak untuk Distribusi di Luar Negeri. Namun, Baskara T.Wardaya berhasil mengakses dokumen-dokumen tersebut setelah melalui proses "sanitasi" dan "deklasifikasi". Lewat buku ini, ia mengajak kita melihat lebih mendalam mengapa Supersemar lahir, bagaimana peran CIA, militer dan Soeharto dalam peristiwa itu, serta apa dampak Supersemar bagi kehidupan politik di Indonesia?

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sosial-Politik terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Baskara T. Wardaya, SJ lainnya:

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020