Jokowi Si Tukang Kayu

  • Cover Jokowi Si Tukang Kayu
Rp 53.000
Hemat Rp 2.650
Rp 50.350
Judul
Jokowi Si Tukang Kayu
No. ISBN
9786020310541
Tanggal terbit
Oktober - 2014
Jumlah Halaman
258
Berat
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Inspirasional
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

[NOTE] Buku Terbit Tanggal 16 Oktober 2014



Lingkungan rakyat jelata penghuni bantaran kali ternyata pernah menjadi bagian dari kehidupan keseharian Jokowi. Dari menjadi korban penggusuran, tinggal di rumah sederhana, hingga permainan anak pinggir kali menghiasi masa kecil beliau.

Perjuangannya yang luar biasa, dari membantu ayah mengurus usaha kayu dan bambu, berjuang keras untuk selalu menjadi juara kelas, membantu pemuda-pemuda desa mengembangkan keterampilan, hingga jatuh bangun membangun bisnis, mengasah kekuatan mental Jokowi menghadapi kerasnya dunia politik.

Kisah di buku ini dihiasi romantisme masa remaja Jokowi. Dari cerita tentang teman sekolah yang ditaksirnya sampai momen-momen penting dalam kehidupan cintanya. Dari proses perkenalan hingga mempersunting wanita idamannya, Iriana.

Tak hanya kisah kecintaan mendalam Jokowi terhadap musik rock, dangdut, dan kasidah, buku ini juga menampilkan pesan-pesan orangtua yang membekas mendalam dan menjadi inspirasi Jokowi.


Jokowi menyeruak sebagai salah satu pengecualian. Karena itu, Jokowi jadi terasa fenomenal.
Eep Saefulloh Fatah, Pendiri dan CEO PolMark Indonesia

"Sosok seperti Jokowi mengandung decak kagum sekaligus simpati...
Budhiarto Shambazy, Wartawan Kompas

Sebuah novel yang sangat inspiratif lebih nyata, dan membumi.
Imam Suwandi, Produser Metro TV

REVIEW Jokowi Si Tukang Kayu

Oleh : ady-ahmed, 12 Agu 2015-14:10:42

Rating
+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating+0 rating
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk DKI Jakarta baru saja usai. Joko Widodo yang lebih familiar disapa Jokowi, pada akhirnya berhak menyandang jabatan Gubernur DKI Jakarta untuk kurun waktu 5 tahun kedepan. Mungkin masyarakat, khususnya warga Jakarta hanya mengenal sosok Jokowi melalui berita-berita di media cetak maupun media elektronik yang ramai setelah dirinya tercantum sebagai salah satu Cagub (Calon Gubernur). Masyarakat lebih mengenal Jokowi lewat simbol kampanye mereka, kotak-kotak.

Namun melalui novel setebal 246 halaman ini, kita dapat mengenal lebih jauh sosok Jokowi. Novel ini berkisah tentang latar belakang kehidupan masa kecil Jokowi, masa-masa mengenyam dunia pendidikan hingga akhirnya beliau mencalonkan diri sebagai Walikota di Solo.


Telah banyak lahir tokoh-tokoh sukses yang memiliki latar belakang kehidupan yang kurang beruntung dan Jokowi adalah salah satunya. Terlahir dari keluarga kurang mampu tidak menghalangi Jokowi untuk menggeliat sebagai entrepreneur muda maupun seorang pemimpin.

Lahir sebagai anak tukang kayu yang tinggal di bantaran kali, tidak menyurutkan semangat beliau untuk menelurkan berbagai prestasi semasa mengenyam dunia pendidikan. Karena baginya, dengan meraih prestasi demi prestasi akan membuahkan sebuah kebanggaan bagi orangtua yang telah membanting tulang menyekolahkan Jokowi dan adik-adiknya.

Kehidupan Jokowi kecil layaknya anak-anak lain yang tumbuh bersama di kawasan bantaran kali. Bedanya, Jokowi beserta adik-adiknya rajin membantu orangtua mereka, apa saja yang dapat mereka lakukan untuk membantu. Bahkan Jokowi pun bersedia jika diizinkan mblandong di hutan.

Kesederhaan adalah ciri khas beliau. Bukan karena alasan pencitraan atau sekedar tampil beda, melainkan lingkunganlah yang menciptakan karakter tersebut. “Jika orang memahami apa itu ungkapan ojo dumeh (jangan mentang-mentang) akan tercipta sebuah harmoni kehidupan yang tenteram karena tidak akan ada lagi yang merasa adigang, adigung, adiguna (paling kuasa, paling besar, paling berjasa)”. (hal. 152)

Jokowi muda sering bergaul dengan orang-orang tua, beliau sering mendapatkan nasihat-nasihat tentang kehidupan. Dan nasihat itu tidak pernah lepas dari benaknya selama menjalani hidup, termasuk ketika tinggal jauh dari orangtua untuk kuliah di luar kota.

Jokowi muda punya cita-cita yang cukup mulia, yakni bagaimana ilmu yang dimiliki harus membawa dirinya kepada pengabdian untuk orang lain. Bukan hanya keluarga, bukan hanya teman, tetapi untuk masyarakat luas. Itulah mengapa pada akhirnya Jokowi tertarik untuk masuk ke dalam dunia politik sebagai bentuk pengabdiannya kepada masyarakat Solo.

Ilmu yang dimilikinya saat itu adalah kerajinan kayu atau mebel. Maka Jokowi beserta teman-teman kampusnya membuat sebuah program untuk memajukan wilayah-wilayah kecil yang memiliki potensi alam yang memadai dan sumber daya manusia yang mumpuni.

Oleh karena Jokowi sering membantu orangtuanya ke hutan, sampai-sampai ia dikenal dengan sebutan “Jokowi si tukang mblandong”. Namun ia tak pernah malu akan hal itu, bahkan ia mengembangkan seluruh ilmunya yang dipadu dengan ilmu wirausaha.

Jokowi menjadi penerus bapaknya, tukang kayu atau pengusaha mebel. Pada masa inilah, kehidupan Jokowi sempat diterjang badai. Jokowi pernah menjadi korban penipuan pesanan mebel partai besar. Tetapi Jokowi tidak patah semangat, ia terus berusaha. Kepercayaan yang ada dijaga sambil membangkitkan kepercayaan yang baru hingga akhirnya usahanya menggeliat kembali.

Cerita dalam novel ini juga diberikan bumbu-bumbu asmara layaknya kebanyakan novel yang telah beredar. Namun ada sisi unik dari sosok Jokowi dalam hal asmara sebagaimana dipaparkan dalam novel ini.

Yang lebih unik lagi adalah asal mula nama Jokowi menjadi tenar. Ternyata bukan inisial, bukan pula singkatan dari nama beliau. Nama Jokowi sendiri tercipta berkat campur tangan orang bule berkebangsaan Perancis.

Secara keseluruhan novel ini layak dibaca oleh segala kalangan, terutama generasi muda masa kini. Nilai-nilai semangat menjalani hidup, bangkit dikala terpuruk dan lain sebagainya akan menjadi asupan tersendiri bagi pembacanya.


Judul : Jokowi Si Tukang Kayu
Penulis : Gatot Kaca Suroso
Penerbit : Ufuk Fiction
Terbit : I, September 2012
Ketebalan : 256 halaman
ISBN : 978-602-9346-95-4

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Inspirasional terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Gramedia Pustaka Utama lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020