Rekayasa Dan Manajemen Banjir Kota

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0.5 rating
4.68 avg rating - 22 Goodreads ratings
  • Cover Rekayasa Dan Manajemen Banjir Kota
Rp 114.000
Hemat Rp 5.700
Rp 108.300
Judul
Rekayasa Dan Manajemen Banjir Kota
No. ISBN
9789792934540
Penerbit
Tanggal terbit
2013
Jumlah Halaman
504
Berat
671 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Grafis & Ilustrasi
Bonus
CD
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Bencana banjir telah menjadi persoalan tiada akhir bagi manusia di seluruh dunia dari dulu, sekarang dan yang akan datang. Bencana ini diakibatkan oleh peristiwa alam atau manusia bahkan bisa oleh keduanya secara bersamaan. Secara umum banjir menyebabkan kerusakan yang lebih parah dibandingkan bencana lainnya. Di Indonesia, kerugian dan kerusakan akibat banjir adalah sebesar dua pertiga dari semua bencana lainnya dan saat ini kecenderungan bencana banjir terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk terutama di perkotaan.

Penduduk Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. Sampai saat ini jumlahnya mencapai hampir 240 juta dan Indonesia menempati rangking ke empat untuk jumlah penduduk dunia. Peningkatan ini lebih dominan di kota karena kota memberikan kemudahan dan fasilitas yang lebih baik dibandingkan desa. Kota terus berkembang seiring dengan laju urbanisasi. Saat ini penduduk kota telah mencapai 54 % penduduk Indonesia. Hal ini berarti telah terjadi peningkatan penduduk kota yang signifikan. Dengan demikian persoalan banjir kota menjadi semakin kompleks.

Pertumbuhan penduduk kota ini memberikan konsekuensi peningkatan kebutuhan pokok maupun sekunder sehingga memberikan dampak perubahan tata guna lahan dari ruang terbuka hijau menjadi ruang terbangun. Oleh karena itu hampir di semua kota bencana banjir terus meningkat baik kuantitas maupun kualitasnya.

Indonesia adalah negara kepulauan terluas. Salah satu referensi menyebutkan ada 17.508 pulau besar dan kecil. 5 pulau besar dengan luas area lebih dari 100.000 km2 adalah Kalimantan, Sumatra, Papua, Sulawesi dan Jawa. Ada 26 pulau dengan luas lebih besar 2.000 km2 tapi kurang dari 100.000 km2. Jumlah pulau-pulau kecil dengan luas kurang dari 2.000 km2 adalah 17.477 buah atau 99,82 % dari seluruh pulau yang ada. Data administrasi menyebutkan bahwa ada hampir 7.000 yang berstatus kota baik ibukota provinsi, ibukota kabupaten, ibukota kabupaten administrasi, kota secara administratif setara dengan kabupaten, kota administrasi dan kota kecamatan. Semua kota tersebut merupakan bagian dari seluruh kepulauan yang ada.

Perbedaan luas, kondisi, geologi, topografi dan tata guna lahan tiap-tiap pulau menyebabkan karakter pulau-pulau terutama terkait dengan sumber daya air dan khususnya substansi banjir adalah unik dan tidak bisa diseragamkan secara umum. Demikian pula kondisi kota yang berada di pulau-pulau tersebut juga berbeda-beda terutama dalam persoalan banjir dan solusinya.


Buku ini mengulas banjir kota baik rekayasa (engineering) dan manajemen. Uraiannya meliputi:

Pertumbuhan penduduk dan kota.
Rekayasa banjir.
Manajemen banjir.
Kota dan perkotaan.
Karakter banjir di Indonesia.
Harmoni dan integrasi.

Dengan pemahaman yang benar diharapkan persoalan banjir di kota dapat diatasi secara terpadu dan menyeluruh.



Goodreads Review Rekayasa Dan Manajemen Banjir Kota

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Grafis & Ilustrasi terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Robert J. Kodoatie lainnya:

Buku terbitan Andi Publisher lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020