TKW Menulis : Mereka aja Bisa, Kenapa Anda Tidak?

  • Cover TKW Menulis : Mereka aja Bisa, Kenapa Anda Tidak?
  • Cover TKW Menulis : Mereka aja Bisa, Kenapa Anda Tidak?
Rp 38.000
Hemat Rp 1.900
Rp 36.100
Judul
TKW Menulis : Mereka aja Bisa, Kenapa Anda Tidak?
No. ISBN
9786028597586
Penerbit
Tanggal terbit
Mei - 2011
Jumlah Halaman
198
Berat
200 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Pengembangan Diri
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


TKW. Begitu mendengar kata ini, apa yang terlintas dalam benak Anda? Ya, problematika pekerja wanita Indonesia yang bekerja di luar negeri alias TKW ini tak pernah habis dibicarakan. Banyak yang memandang rendah status TKW hanya karena profesinya sebagai pembantu rumah tangga atau buruh migran. Sebab itulah tak sedikit yang menilai TKW itu 'rendahan'. Sungguh ironi, ketika humanisme dan demokrasi digembar-gemborkan secara universal, TKW masih saja dipandang sebelah mata, bahkan kerapkali diperlakukan sebagai budak. Apakah karena mereka itu pembantu sehingga mereka tidak layak hidup bebas? Apakah karena keterbatasan sehingga mereka tidak bisa berkreativitas?

Adalah salah jika kita langsung menilai demikian. Keterbatasan waktu dan tenaga tidak lantas membuat para pahlawan devisa itu mlempem. Disela-sela kehidupan mereka menghadapi kerasnya hidup di negri asing, mereka sanggup berkarya. Mereka menumpahkan kreativitasnya dalam sebuah buku. Dari buku inilah mereka mulai menggeliatkan eksistensinya.

Ya, eksistensi buruh migran di sela waktunya mengurus rumah tangga. Selain menjadi pembantu, mereka juga menjadi penulis. Selain menjadi pahlawan devisa negara, mereka juga menjadi pahlawan devisa bagi diri sendiri dan juga dunia kepenulisan. Terbukti dengan lahirnya tulisan-tulisan mereka yang tak kalah hebatnya dengan tulisan-tulisan para penulis tanah air. Bahkan, hingga saat ini, sudah cukup banyak TKW di Hongkong yang menekuni dunia kepenulisan. Dari generasi Denok Kanthi Rokhmatika hingga kini, generasi Bayu Insani dan Ida Raihan, telah banyak karya tulis baik fiksi maupun nonfiksi lahir dari 'rahim' kreativitas mereka. Karya-karya tulis mereka dapat diapresiasi karena sudah banyak yang dipublikasikan di sejumlah media massa berbahasa Indonesia di Hong Kong maupun media massa di Indonesia.

Sekali lagi apresiasi yang besar akan hadir untuk buku selanjutnya, yakni TKW Menulis. Kedua penulis "Srikandi" menorehkan semua cerita hariannya, mulai dari kehidupannya di tanah air hingga kesehariannya di Negeri Beton. Berbagai titah dari Nyonya bertaburan mulai dari larangan yang bisa ditolerir seperti larangan menonton TV, bermain handphone sampai yang nggak masuk akal seperti larangan memakai pakaian berwarna. Buku ini juga mengupas sisi kelam para TKW Hongkong yang memilih untuk menjadi lesbian, melampiaskan rasa stress dengan melacur, berjudi dan mabuk.

Semua cerita, tak lepas pula cerita pilu nan tragis dan juga secuil kebahagiaan, hadir dalam buku ini. Namun, yang secuil itu akan menjadi utuh pada akhirnya. Lewat buku ini, semangat hidup dan motivasi lahir sebagai wujud penyemangat bagi pihak lain, terutama para TKW di luar sana.

***

Karya mereka menegaskan adanya asa di hari esok yang lebih cerah. Kita patut berharap, Sani dan Ida menjadi obor yang terus menerangi lorong-lorong kegelapan, ak hanya di komunitasnya di Hong Kong, tapi hingga di tanah kelahirannya, Indonesia.
- Arief Santoso, Editor Budaya Jawa Pos

Jika para TKW menulis tentulah yang mereka tuju bukan menjadi penulis populer atau profesional. Saya yakin, mereka menulis karena ingin menaikkan kualitas kehidupan mereka. Jadi, buku ini menarik untuk kita cermati--apa saja sih yang mereka tulis?
- Hernowo, penulis buku Mengikuti Makna

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Pengembangan Diri terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Leutika lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020