LOGIKA : Ilmu dan Seni Berpikir Kritis

  • Cover LOGIKA : Ilmu dan Seni Berpikir Kritis
Rp 47.500
Hemat Rp 7.125
Rp 40.375
Judul
LOGIKA : Ilmu dan Seni Berpikir Kritis
Penulis
No. ISBN
9790623844
Penerbit
Tanggal terbit
Juli - 2012
Jumlah Halaman
-
Berat
-
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Psikologi
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Logika sesungguhnya merupakan alat (organon) untuk bernalar dan berargumentasi. Sebagai alat, logika penting bagi siapa saja yang berkecimpung dalam pemelajaran formal atau informal untuk kritis menilai argumentasi dan penalarannya  sendiri  atau orang  lain. Sikap  kritis perlu dibangun  agar  kita mampu mengambil keputusan  tepat dalam berbagai aspek kehidupan, dan tidak mudah terkecoh oleh argumentasi-argumentasi sesat yang sering dikemas dengan  rumusan-rumusan persuasif  yang mengecohkan  serta  intrik-intrik psikologis yang tak mudah terendus.

Buku ini bermaksud membangun sikap kritis itu dengan memperkenalkan kaidah-kaidah bernalar yang logis. Setelah mengintroduksi beberapa hal yang diperlukan untuk melangkah masuk dunia logika, buku ini langsung menyajikan berbagai macam sesat-nalar (fallacia) yang tanpa disadari sering membuat kita kurang cerdas dalam berargumentasi dan kurang cermat dalam bernalar. Tak  jarang kita menyaksikan  berbagai model  kesesatan  yang  diperagakan  dalam  arena  demokrasi, misalnya  ketika  para  politisi  tanpa  rasa  sungkan mengubah  arena  publik transaksi argumentasi, menjadi arena transaksi masalah pribadi untuk saling menjatuhkan.

Selanjutnya  pembicaraan  tentang  pengertian  dan  term,  serta  putusan dan proposisi, mempersiapan  kita untuk membuat penalaran dan penyimpulan secara tepat. Penalaran induksi dan deduksi diperkenalkan sebagai langkah menuju  penyimpulan.  Langkah  untuk menilai  dan membuat  penyimpulan, dibahas dalam penyimpulan oposisional, konversi,  dan silogisme, baik kategoris maupun hipotetis.

Bagian akhir ini mengarahkan kita untuk lebih cermat dalam menarik kesimpulan berdasarkan data dalam premis, sesuai dengan prinsip dan kaidah logika. Latihan-latihan pada akhir bab sangat membantu, terutama bagi mereka yang mau belajar sendiri.

Dengan demikian buku  ini bermanfaat bagi mereka yang bergumul dengan kegiatan  bernalar  dan  berargumentasi,  para  ilmuwan,  para  dosen, mahasiswa, akademisi dari berbagai disiplin ilmu, reporter, pengacara, para praktisi, aktivis yang   berkecimpung dalam dunia pengambilan keputusan, para politisi, pejabat, dan siapa saja yang ingin membangun karakter berpikir kritis. 



WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Psikologi terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020