Fonetik Akustik

  • Cover Fonetik Akustik
Rp 72.600
Hemat Rp 10.890
Rp 61.710
Judul
Fonetik Akustik  
No. ISBN
9789796659234
Penulis
Penerbit
Tanggal terbit
April - 2017
Jumlah Halaman
-
Berat Buku
295 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Referensi Umum
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ··
Lokasi Stok
Stok Tersedia.

Fonetik akustik termasuk ke dalam kajian antardisiplin, yaitu kajian antara ilmu fonetik dengan ilmu akustik. Ilmu akustik adalah Hmu yang mengkaji semua gejala bunyi. Ciri khas kajian fonetik akustik adalah yang pertama menggunakan metode eksperimen. Kedua, menggunakan instrumen atau alat. Ketiga, menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode eksperimen digunakan karena sulitnya mendapatkan target tuturan tanpa gangguan suara-suara di sekelilingnya. Perlunya instrumen atau alat karena paneiiti perlu memvisualisasikan fisik bunyi dengan bantuan alat tertentu, sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan karena peneliti akan berkutat dengan data-data akustik yang direpresentasikan dengan angka-angka.

Ada tiga kriteria yang harus dipenuhi agar kita dapat masuk ke dalam dunia fonetik akustik modern. Pertama, kita .harus memahami teori akustik produksi tuturan. Kedua, kita harus mengolah data akustik secara digital. Artinya, secara implisit kita pun harus memiliki piranti penganalisis tuturan dalam bentuk digital dan memahami sistem operasi piranti tersebut sehingga kita dapat melakukan pengolahan data secara digital. Ketiga, kita harus memiliki pengetahuan mengenai struktur dan komponen akustik tuturan dan teknik-teknik pengukuran akustik yang tepat.

Hubungannya dengan ketiga kriteria yang telah disebutkan, buku ini menyajikan bahasan teori pada bab ke-3, ke-4, dan ke-5. Bab ke-3 merrperkenalkan pembaca dengan dasar-dasar akustik bunyi, bab ke-4 membahas komponen-komponen akustik tuturan, dan bab ke-5 membahas teori akustik produksi tuturan. Bahasan mengenai piranti penganalisis tuturan kami sajikan pada bab ke-6 dan bahasan mengenai analisis dan teknik pengukuran komponen akustik tuturan kami sajikan pada bab ke-7.

REVIEW Fonetik Akustik

Buku sejenis lainnya