Berislam Ala Tionghoa

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating
5 avg rating - 3 Goodreads ratings
  • Cover Berislam Ala Tionghoa
  • Cover Berislam Ala Tionghoa
Rp 124.000
Hemat Rp 6.200
Rp 117.800
Judul
Berislam Ala Tionghoa
Penulis
No. ISBN
9786024411053
Tanggal terbit
Mei - 2019
Jumlah Halaman
384
Berat
350 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Referensi Umum
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Fenomena Pilkada Jakarta 2017 mengangkat sepotong isu penting tentang identitas etnis, khususnya Tionghoa, dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Isu itu menjadi kian spesial ketika ditinjau posisi dan identitas Tionghoa Muslim di tengah masyarakat multikultural.

Dengan mengkaji desain arsitek, perayaan budaya, partisipasi sosial, dan praktik hidup sehari-hari, buku ini menggambarkan formasi dan kontestasi identitas budaya Tionghoa Muslim di Indonesia kini. Perpaduan ketionghoaan dan keislaman itu tentu saja mengambil beragam bentuk dan jalan. Peneguhan identitas ketionghoaan dan keislaman tidak dengan sendirinya berdampak pada segregasi sosial dan eksklusi religius.

Buku ini menyuguhkan politik kultural kaum Tionghoa Muslim di Indonesia dalam pergulatan identitas ketionghoaan, keislaman, dan keindonesiaannya. Sungguh memberi wawasan segar tentang pelbagai kemungkinan dan keterbatasan di ranah kosmopolitanisme etnis dan religius.

***

ENDORSEMENT

Menampilkan pelbagai cara keberislaman di kalangan Tionghoa Indonesia, pengarang menyoroti hubungan antara keislaman, ketionghoaan, dan keindonesiaan. Karya kesarjanaan langka dan segar tentang Tionghoa Muslim di Indonesia pasca Orde Baru.
- James B. Hoesterey, Emory University

Kajian Hew Wai Weng yang sangat relevan ini menjelaskan bagaimana agama, etnisitas, dan kebangsaan berkelindan dalam sosok Tionghoa Muslim, sekaligus meruntuhkan stereotip bahwa kedua entitas itu saling berseberangan. Tionghoa bisa menjadi Muslim yang saleh dengan tetap mempertahankan identitas ketionghoaannya. Lebih dari kajian mana pun sebelumnya, Berislam ala Tionghoa memberikan data etnografis yang komprehensif mulai dari tumbuhnya 'masjid-masjid Cheng Hoo' dengan arsitektur khasnya, hingga beragam figur 'dai selebritas' yang sudah terserap ke dalam wacana keseharian umat Muslim Indonesia dari berbagai latar belakang. Akhirnya, dengan keunikan-keunikan mereka, tidak bisa dibantah, bahwa etnis Tionghoa itu omnipresent sekaligus bagian yang tidak terpisahkan dari keluarga besar bangsa Indonesia. Tahniah untuk pengarang!

- Didi Kwartanada, sejarawan, editor Tionghoa dalam Keindonesiaan (2016)

Goodreads Review Berislam Ala Tionghoa

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Referensi Umum terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Bentang Pustaka lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020