Akar Melayu Ideologi Dalam Sastra

+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating+0 rating
3 avg rating - 2 Goodreads ratings
  • Cover Akar Melayu Ideologi Dalam Sastra
  • Cover Akar Melayu Ideologi Dalam Sastra
Rp 70.000
Hemat Rp 10.500
Rp 59.500
Judul
Akar Melayu Ideologi Dalam Sastra
No. ISBN
9789791012416
Tanggal terbit
Februari - 2014
Jumlah Halaman
-
Berat Buku
470 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Kebudayaan
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ··
Lokasi Stok
Stok Tersedia. icon-help

DESCRIPTION


Hubungan Indonesia-Malaysia dalam sejarahnya kerap diwarnai dengan perilaku atau gerakan yang boleh jadi terwakili oleh kata: merajuk. Perasaan kesamaan sejarah, sentimen keserumpunan, dan migrasi warga Indonesia yang telah berlangsung begitu lama telah melekateratkan kedua bangsa dalam ikatan sosio-kultural. Batas teritorial negara dan persoalan politik, ternyata tidak serta-merta memagari hubungan sosio-kultural penduduk kedua bangsa yang sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya dan mengakar sebagai sentimen keserumpunan dunia Melayu. Kesamaan perasaan sebagai warga puak Malaysia itulah mukjizat dunia Melayu yang tak mudah dihapuskan begitu saja oleh keputusan politik.

Di sinilah pemahaman sejarah menjadi penting. Sejarah adalah tempat bercermin. Tempat kita belajar menemukan kearifan untuk melangkah ke masa depan. Maka, mereka yang memahami sejarah hubungan Indonesia-Malaysia, niscaya tidak akan menyimpan kerisauan berkepanjangan ketika datang pasir konflik yang seolah-olah mengganggu pandangan masyarakat kita yang tidak memahami sejarah hubungan Indonesia-Malaysia. Sesungguhnya, pasir konflik itu ibarat ombak dalam gelas.

Buku ini dapat dijadikan bahan untuk memahami masa lalu hubungan Indonesia-Malaysia ketika kedua bangsa itu coba menjerumuskan jati dirinya dalam bidang kebudayaan dan perjuangan kebangsaan. Inilah buku yang secara komprehensif, mencoba menarik kesusastraan Indonesia-Malaysia dalam wilayah yang lebih luas: hubungan sosio-budaya Indonesia-Malaysia di tengah politik yang menciptakan konflik. Bagaimanapun, pengetahuan masa lalu tentang persamaan sosio-kultural kemelayuan-kenusantaraan itulah yang melahirkan-mengalirkan-menumbuhkan semangat persaudaraan yang tak pernah lekang. Itulah tali pengikat yang menjiwai kedua bangsa yang bersaudara.

Para pengamat dan peneliti kesusastraan Indonesia-Malaysia, pemerhati masyarakat dan budaya Melayu, mereka yang sering heboh lantaran klaim-klaim Malaysia, atau mereka yang tertarik pada sejarah hubungan Indonesia-Malaysia, wajib membaca buku ini.

WHY CHOOSE US?
TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Kebudayaan terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Karya Maman S. Mahayana lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Wedatama Widya Sastra lainnya:

Buku pengembangan Maret 2019
Buku Populer & Terlaris 2019
Resep Masakan 2019
Pelajaran Sekolah 2019