Pemikiran Minangkabau Catatan Budaya A.A. Navis

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating
4 avg rating - 1 Goodreads ratings
  • Cover Pemikiran Minangkabau Catatan Budaya A.A. Navis
Rp 45.000
Hemat Rp 6.750
Rp 38.250
Judul
Pemikiran Minangkabau Catatan Budaya A.A. Navis  
No. ISBN
9786027329799
Penulis
Penerbit
Tanggal terbit
April - 2017
Jumlah Halaman
-
Berat Buku
170 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Kebudayaan
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia
WHY CHOOSE US?
TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Kebudayaan terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

DESCRIPTION

Buku ini merupakan kumpulan tulisan Ali Akbar Navis (1924-2003) yang "terserak dibuang sayang", ungkapan dari adiknya, aim. Anas Navis. Kumpulan tulisan ini berasal dari naskah yang tersimpan dalam arsip pribadi Navis yang belum pernah diterbitkan.

Di dalam buku ini terdapat lima perbincangan. Pertama, tentang "Akar Budaya Minangkabau", Navis berbicara tentang identitas suku bangsa Minangkabau yang dikenal kekhasannya. Namun, tafsir budaya Navis terhadap Minangkabau melahirkan sintesa yang unik. Dalam bab 2, "Detradisionalisasi Budaya Minangkabau", Navis mencoba menguraikan beberapa bentuk perubahan dan pergeseran kebudayaan Minangkabau di masa lalu sampai dewasa ini. Terutama sebagai akibat persentuhan budaya Minangkabau dengan budaya yang dibawa oleh berbagai kekuasaan luar, mulai dari zaman Hindu-Buddha ke zaman kolonial hingga zaman rezim-rezim setelah kemerdekaan.

Bab 3 berjudul "Tanah dan Warisan sebagai Masaiah Kebudayaan"  membahas tentang masaiah dilematis dalam sistem pemilikan tanah dalam penghadapannya dengan negara sejak masa kolonial, tetapi semakin rumit dan nyaris makin gawat setelah zaman pembangunan dewasa ini. Bab 4, berjudul "Kebangkitan Nasional", menegaskan pendirian Navis tentang fenomena kebangkitan nasional, dalam arti timbulnya perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan. Akhirnya, dalam Bab 5, tentang "Divisi Banteng", Navis berbicara tentang sejarah militer di Minangkabau. Padahal, dalam budaya Minangkabau tidak dikenal kelompok sosial yang dinamakan atau sejenisnya untuk berperang, kecuali cerita "Cindur Mato", suatu epos kepahlawanan. Dalam hal ini, tafsir budaya Navis sangat menarik.

Goodreads Review Pemikiran Minangkabau Catatan Budaya A.A. Navis

Buku terbitan Angkasa lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku pengembangan Maret 2019
Buku Populer & Terlaris 2019
Resep Masakan 2019
Pelajaran Sekolah 2019