Sejarah Asia Tenggara : Dari Masa Prasejarah Sampai Kontempore

  • Cover Sejarah Asia Tenggara : Dari Masa Prasejarah Sampai Kontempore
  • Cover Sejarah Asia Tenggara : Dari Masa Prasejarah Sampai Kontempore
Rp 350.000
Hemat Rp 52.500
Rp 297.500
Judul
Sejarah Asia Tenggara : Dari Masa Prasejarah Sampai Kontempore  
No. ISBN
9786029402285
Tanggal terbit
Juli - 2013
Jumlah Halaman
872
Berat Buku
1150 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Sejarah Dunia
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ··
Lokasi Stok
Stok Tersedia.

Buku Sejarah Asia Tenggara yang baru dan komprehensif ini mencakup periode panjang, yaitu mulai dari zaman prasejarah sampai tahun 2000-an. Sejarawan Merle Ricklefs menggandeng empat sejarawan lainnya yang tidak menjadi rekan kerjanya di National University of Singapore. mereka adalah para pakar utama Asia Tenggara dalam lingkup sejarah politik, sosial, ekonomi, agama dan budaya.

Dibuka dengan catatan mengenai kelompok etnis serta struktur sosial dan budaya periode awal Asia Tenggara, pembahasan berlanjut melintasi zaman mulai dari sejarah 'klasik' negara-negara Asia Tenggara, kedatangan agama Hindu, Buddha, Islam dan Kristen serta pengaruh para pelaku sejarah yang berlomba-lomba ke kawasan regional ini, yaitu aktor-aktor non-Pribumi. Lantas, dilanjutkan dengan sejarah kolonial dan munculnya kekuasaan modern yang baru berdiri  dengan diwarnai berbagai transisi kekuasaan. Ulasan ini masih disusul dengan analisis mengenai dampak Perang Dunia ke seluruh penjuru Asia Tenggara. Buku ini pun menawarkan catatan lengkap seputar Asia Tenggara pada masa akhir kolonialisme dan pembangunan bangsa-bangsa pascakolonial. Sebelum akhirnya mengantar pembaca ke masa-masa modern Asia Tenggara untuk mengetahui lebih lanjut posisinya yang berusaha bangkit dari keterpurukan krisis ekonomi global dan memainkan peran di kancah dunia.

Tim yang terdiri dari lima orang penulis ini menampilkan narasi terpercaya dan mudah dicerna, menggunakan hasil-hasil penelitian mutakhir dengan sumber-sumber lainnya yang kaya dan rinci. Kerja bersama yang memukau ini merupakan kontribusi penting terhadap kajian Asia Tenggara. Bacaan wajib bagi para cendekia, pelajar dan siapa saja yang penasaran dengan sisik melik kawasan ini.

***

"Sejarah Asia Tenggara: Dari Masa Prasejarah sampai Kontempore rmenghadirkan kajian Asia Tenggara dengan tingkat kedalaman dan keluasan jauh melampaui karya serupa yang pernah dikerjakan D.G.E. Hall sekitar 55 tahun lalu. Suatu kajian dengan wacana intelektual terkini, rangkaian masalah penelitian yang aktual dan instrumen-instrumen terbaru yang tidak hanya berfungsi sebagai informasi, tetapi juga motivasi bagi generasi yang akan datang ihwal sejarah Asia Tenggara yang kompleks dan kaya. Tidak diragukan lagi, naskah sejarah ini merupakan pencapaian historis tersendiri," Victor Lieberman, Profesor Sejarah, Universitas Michigan, USA

REVIEW Sejarah Asia Tenggara : Dari Masa Prasejarah Sampai Kontempore

Buku sejenis lainnya