Kronik Peristiwa Madiun PKI 1948

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating
3.78 avg rating - 9 Goodreads ratings
  • Cover Kronik Peristiwa Madiun PKI 1948
Rp 26.000
Hemat Rp 1.300
Rp 24.700
Judul
Kronik Peristiwa Madiun PKI 1948
Penulis
No. ISBN
9786021921821
Tanggal terbit
Juni - 2012
Jumlah Halaman
126
Berat
200 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Sejarah Indonesia
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Rakyat yang kucintai.

Atas nama perjuangan untuk Indonesia merdeka, aku berseru padamu: Pada saat yang begini genting, di mana engkau dan kita sekalian mengalami percobaan yang sebesar-besarnya dalam menentukan nasib kita sendiri, dan kita adalah memilih antara 2: "Ikut Musso dengan PKI-nya, yang akan membawa bangkrutnya cita-cita Indonesia merdeka, atau ikut Soekarno-Hatta yang Insya Allah dengan bantuan Tuhan, akan memimpin Negara RI yang merdeka, tidak dijajah oleh negara apapun juga.

"Supaya percaya bahwa rakyat Indonesia yang sekian lama berjuang untuk mencapai kemerdekaannya, tidak akan ragu-ragu dalam menentukan sikapnya. Dan jika tidak ragu-ragu, berdirilah di belakang kami, dan pemerintah sekarang yang sah, bertindaklah dengan tidak ragu-ragu pula.

Rebut kembali Madiun!

Madiun harus lekas di tangan kita kembali!

(Pidato Presiden Soekarno tentang Peristiwa Madiun 1948)


***

Tanggal 18 September 1948, rakyat Indonesia dikejutkan dengan sebuah peristiwa besar: Para tokoh Partai Komunis Indonesia memproklamirkan berdirinya Republik Soviet Indonesia yang berhaluan kiri. Tindakan ini merupakan bentuk koreksi terhadap Pemerintahan Soekarno yang menurut mereka semakin condong kepada kaum imperialis Barat. Dan, dengan proklamasi inilah lahir sebuah peristiwa yang menghadapkan saudara sebangsa dalam konflik bersenjata yang tentu saja tidak luput dari percikan darah dan cucuran air mata. Republik Indonesia yang masih sangat belia diuji. Ironisnya, ujian ini harus memperhadapkan teman seiring yang dulu bekerja sama mendirikan Republik ini dalam medan pertikaian senjata.

Seperti lazimnya, terdapat banyak tafsir terhadap berbagai peristiwa bersejarah, demikian juga dalam Peristiwa Madiun ini. Masing-masing pihak yang terlibat dalam peristiwa ini memiliki pandangan, tinjauan, pendapat, bahkan argumen mereka. Namun kiranya segalanya yang telah terjadi dalam sejarah masa lalu Republik ini merupakan sebuah proses pendewasaan yang diperlukan untuk menjadi sebuah bangsa besar. Karena bagaimanapun, tanpa ujian, tanpa cobaan, sebuah bangsa tidak akan menjadi besar.



Goodreads Review Kronik Peristiwa Madiun PKI 1948

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sejarah Indonesia terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Suratmin lainnya:

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020