Kronik TNI 1945-1946

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating
4 avg rating - 2 Goodreads ratings
  • Cover Kronik TNI 1945-1946
Rp 45.000
Hemat Rp 9.000
Rp 36.000
Judul
Kronik TNI 1945-1946
Penulis
No. ISBN
9786021921876
Tanggal terbit
Juli - 2013
Jumlah Halaman
162
Berat
300 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Sejarah Indonesia
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

"Tentara hanya mempunyai kewajiban satu, ialah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya, sudah cukup kalau tentara teguh memegang kewajiban ini, lagi pula sebagai tentara, disiplin harus dipegang teguh.

Tunduk kepada pimpinan atasannya dengan ikhlas mengerjakan kewajibannya, tunduk kepada perintah pimpinan itulah yang merupakan kekuatan dari suatu tentara.

Bahwa negara Indonesia tidak cukup dipertahankan oleh tentara saja, maka perlu sekali mengadakan kerjasama yang seerat-eratnya dengan golongan serta badan-badan diluar tentara.

Tentara tidak boleh menjadi alat suatu golongan atau orang siapapun juga."

Amanat jenderal Soedirman dihadapan Konferensi TKR dan merupakan amanat pertama kali sejak menjabat Panglima Besar TKR.
Yogyakarta,12 November 1945.

Berbagai fakta ringan, namun menarik, yang lazimnya luput dari buku-buku sejarah disajikan dalam buku ini. Fakta-fakta seperti salam "merdeka" yang ternyata merupakan salam resmi yang ditetapkan melalui maklumat pemerintah; tentang tentara Indonesia yang ternyata pada awalnya bermarkas di sebuah kamar hotel; tentang pendirian maskapai penerbangan nasional yang modal awalnya berasal dari iuran rakyat; tentang pertempuran Surabaya yang menjadi satu-satunya medan pertempuran di dunia yang menewaskan seorang jenderal Inggris; tentang adanya "Proklamasi Kedua" dari pemerintah Indonesia, disajikan dalam urutan kronologis, bahasa yang mudah dipahami, dan dilengkapi dengan gambar mengenai berbagai peristiwa bersejarah tersebut.

Harus dicatat bahwa "fakta-fakta ringan" yang disajikan dalam buku ini bukannya tidak memiliki nilai historis. Fakta-fakta tersebut tetap memiliki nilai dan otentisitas sebagai sebuah fakta sejarah. Hanya saja, penulisan sejarah yang selama ini cenderung hanya menyoroti peristiwa-peristiwa besar membuat fakta-fakta tersebut seolah hanya menjadi fakta remeh dan tidak penting. Oleh karena itu, penyajian fakta-fakta tersebut diharapkan dapat melengkapi penulisan sejarah yang lazim selama ini. Bukankah dalam setiap peristiwa besar tersimpan berbagai fakta-fakta kecil? Bukankah peristiwa besar itu sendiri tersusun dan beragam peristiwa kecil? Dengan ketelitian seorang pencatat, dan akurasi seorang sejarawan, penulis buku ini menyajikan kepada kita fakta-fakta, baik besar maupun kecil, berkaitan dengan sejarah dan perkembangan tentara kita.



Goodreads Review Kronik TNI 1945-1946

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sejarah Indonesia terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020