Gerbang Agama-Agama Nusantara

  • Cover Gerbang Agama-Agama Nusantara
  • Cover Gerbang Agama-Agama Nusantara
Rp 150.000
Hemat Rp 7.500
Rp 142.500
Judul
Gerbang Agama-Agama Nusantara
No. ISBN
9786029402858
Tanggal terbit
November - 2017
Jumlah Halaman
-
Berat
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Sejarah Indonesia
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

HINDU, YAHUDI, RU-KONGHUCU, ISLAM & NASRANI
KAJIAN ANTROPOLOGI AGAMA DAN KESEHATAN DI BARUS


Buku ini merupakan kajian antropologi mendalam perihal agama dan kesehatan masyarakat Barus. Tapanuli Tengah. Sumatra Utara Barus memang sudah sejak dulu terkenal dengan kapurnya. kapur barus. yang bisa digunakan untuk mengawetkan jenazah Alhasil. kapurnya itu telah menjadi komoditas utama yang diperdagangkan. Sesuai dengan judulnya, yakni Gerbang Agama-Agama Nusantara. Barus yang terletak di pantai barat Sumatra menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh para pedagang dan negeri lain seperti pedagang dari Cina dan Arab. Selain itu pelabuhan yang ada di Barus juga acapkali digunakan untuk transit. Akibatnya terjadiiah kontak sosial dan budaya antara masyarakat Barus dengan para pedagang dari seantero negeri.

Kemudian buku ini juga memaparkan kehidupan masyarakai Barus sebelum dan setelah datangnya agama-agama di tanah Batak, pandangan hidup mereka, konsepsi mereka tentang kesehatan dan penyakit, beserta para penyembuh "datu" dengan ramuan tradisionalnya. Kajian ini menjadi penting karena kita bisa menelusuri bagaimana awal persentuhan budaya lokal dengan luar yang nantinya akan memiliki pengaruh kepada agama-agama yang dianut dan cikal bakal menyebamya agama- agama ke Nusantara ini. Melalui pelabuhan Baruslah agama-agama seperti Yahudi, Ru, Konghucu, Buddha, Hindu. Islam, dan Kristen menjejakkan kakinya periama kali di bumi pertiwi ini.


Terlebih kajian ini juga bisa memberikan sebuah gambaran mengenai sistem pengobatan tradisional yang hidup dan dihidupi oleh masyarakat Barus melalui cara-cara mereka dalam meracik ramuan-ramuan tradisional. Ramuan ramuan tradisional mereka gunakan sebagai obat dan biasanya ramuan itu terdiri dari tumbuh-tumbuhan yang memiliki khasiat, salah satu organ tubuh dari hewan, dan benda-benda lainnya yang dianggap memiliki nilai kesakralan yang tinggi. Buku ini menggambarkan konfrontasi dan akulturasi antara kebudayaan "modern" yang rasional dan khas Barat dengan kebudayaan "tradisional" setempat yang kaya akan unsur magis dan klenik khas timur.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sejarah Indonesia terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020