Struktur Dan Makna Matsnawi Rumi

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0.5 rating
4.67 avg rating - 3 Goodreads ratings
  • Cover Struktur Dan Makna Matsnawi Rumi
Rp 79.000
Hemat Rp 3.950
Rp 75.050
Judul
Struktur Dan Makna Matsnawi Rumi
Penulis
No. ISBN
9789794339299
Penerbit
Tanggal terbit
Maret - 2016
Jumlah Halaman
316
Berat
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Jami, seorang sufi-penyair terkemuka Persia, menyebut Matsnawi sebagai Al-Quran dalam bahasa Persia dan menurut arti yang paling dalam, Matsnawi merupakan sebuah tafsir Al-Quran. Selain itu, sama halnya de-ngan Al-Quran yang sering hanya dilihat dari aspek lahirnya dan bukan strukturnya yang jelas secara kese-luruhan, demikian pula Matsnawi yang hingga kini tetap dianggap tak memiiki struktur yang koheren. Tetapi, Al-Quran benar-benar memiliki keselarasan yang sangat kuat dan struktur yang tak dapat dipisahkan dari dimensi batinnya serta mustahil dapat diketahui secara lahiriah. Orang dapat mengambil contoh Futuhat al-Makkiyyah Ibn Arabibagian tengahnya berisi 114 bab yang didasarkan atas susunan terbalik pada 114 surah Al-Quranuntuk melihat bagaimana berbagai bagian Al-Quran terinte-grasi ke dalam sebuah struktur luar biasa yang saling berkaitan. Selain itu, ada susunan matematik sangat menakjubkan yang menyertai huruf, kata, ayat dan surah di dalam Al-Quran. Tentu saja Al-Quran adalah firman Allah dan Matsnawi adalah sebuah karya manusia. Hanya saja, Matsnawi merupakan karya yang ditulis oleh seorang mahaguru yang telah mencapai martabat kesem-purnaan manusia dan mencapai level tertinggi ilmu hikmah sehingga dia mampu menyusun sebuah karya yang mencerminkan banyak sifat Al-Quran yang ditafsirkan dan diadopsi oleh Matsnawi secara struktural.
Seyyed Hossein Nasr, pakar tasawuf dan filsafat Islam


Matsnawi diakui sebagai salah satu puisi sufi teragung di sepanjang sejarah Islam, bahkan mungkin salah satu puisi mistik besar dalam sejarah peradaban dunia. Jami', seorang sufi-penyair Persia terkemuka, menyanjung Matsnawi sebagai Al-Quran dalam bahasa Persia lantaran isinya lebih merupakan tafsir sufistik atas kitab suci Islam tersebut. Namun, di tangan Rumi, tafsir Al-Quran ini disajikan dalam bentuk puisi yang padat-makna, kaya-simbol, dan elok rupa sehingga dapat dinikmati dan diapresiasi bukan hanya oleh kalangan Muslim, tetapi juga siapa pun yang hendak mereguk cahaya kebenaran dan keindahan universal.

Tidak mengherankan, dengan ekspresi estetik ini, Matsnawijuga puisi-puisi Rumi yang lainsering menjadi titik masuk (entry point) yang sangat popular bagi Islam untuk dapat dikenali dan diapresiasi oleh kalangan mana pun, dari berbagai agama, ras, dan bangsa. Sedemikian popularnya hingga karya-karya Rumi sering dipentaskan di panggung modern di Barat dan namanya dikenal sebagai seorang sufi-penyair Islam terkemuka di seluruh dunia.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Mizan lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020