Fikih Akbar: Prinsip-Prinsip Teologis Islam Rahmatan Lil Alamin

  • Cover Fikih Akbar: Prinsip-Prinsip Teologis Islam Rahmatan Lil Alamin
  • Cover Fikih Akbar: Prinsip-Prinsip Teologis Islam Rahmatan Lil Alamin
Rp 79.000
Hemat Rp 11.850
Rp 67.150
Judul
Fikih Akbar: Prinsip-Prinsip Teologis Islam Rahmatan Lil Alamin
No. ISBN
9786026577405
Penerbit
Tanggal terbit
November - 2018
Jumlah Halaman
354
Berat
450 gr
Jenis Cover
Hard Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ··
Lokasi Stok
Stok Tersedia. icon-help

DESCRIPTION

Allah SWT menurunkan syariat Islam sejatinya untuk menciptakan kehidupan yang baik bagi seluruh umat manusia tanpa kecuali. Dengan kata lain, syariat-Nya adalah rahmat bagi alam semesta (rahmatan lil 'alamin). Wujudnya, hidup sejahtera (lahum ajruhum 'inda rabbihim), damai (wa la khaufun 'alaihim) dan bahagia (wa la hum yahzanun). Karena itu, seluruh pemikiran, pandangan, pola pikir serta tata aturan dalam bidang agama, sosial, politik, hukum, ekonomi, budaya, maupun bidang lainnya, semestinya berorientasi pada tujuan untuk menciptakan kehidupan yang penuh rahmat. Perilaku atau praktik keberagamaan yang jauh dari tujuan itu, seperti kekerasan, terorisme, kebencian, dan sejenisnya, tidak hanya menyimpang dari syariat Islam, tetapi juga menjadi parasit yang menghambat dan menghancurkan peradaban.

Buku ini mengingatkan sekaligus menegaskan kembali esensi tujuan syariat Islam dengan menelusuri prinsip-prinsip teologis Islam rahmatan lil 'alamin dari sumber primernya: al-Quran dan Hadis. Prinsip-prinsip fundamental ini--yakni akidah, tauhid, atau ushul ad-dindisebut oleh Imam Abu Hanifah dengan "Fikih Akbar". Fikih Akbar merupakan pangkal (ushul) dari segala tafsir syariat Islam (fu r u') yang berorientasi kepada kehidupan yang baik. Dengan penelusuran yang tekun, hati-hati dan cermat, analisis yang tajam dan bernas, penafsiran yang inklusif dan kontekstual, penulisnya mengupas dasar-dasar Islam yang ramah dari dimensi ontologis, epistemologis dan aksiologisnya. Dengan begitu, prinsip-prinsip Islam rahmatan lil 'alamin tidak hanya kukuh pada tataran argumentasi dan teori, tetapi juga pada tataran praksis.


Buku ini merekonstruksi landasan teologis Islam sebagai agama welas asih dan kebajikan. Ikhtiar intelektual semacam ini sangat relevan di tengah menguatnya isu-isu keislaman di ruang publik yang diperhadapkan dengan persoalan moralitas, politik identitas, dan keadilan. Saya sangat mendorong para pengajar/dosen dan mahasiswa membaca buku ini. Kehadirannya dapat memenuhi kebutuhan rujukan teologi dalam literatur pendidikan karakter di Indonesia.
- Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI

Islam disebut sebagai agama yang sesuai dengan dimensi ruang dan waktu (shalih li kulli zaman wa makan), karena ajaran Islam berdimensi ganda: yang tetap (tsawabit) dan yang berubah (mutaghayyirat). Dr. Hamim cukup "berani" mempersoalkan yang tsawabit itu, terutama tentang sistem keyakinan (sistema kredo), sistem peribadatan (sistema ritus), dan sistem nilai (sistema etika), tiga aspek fundamental agama. Menyoal ketiganya membuat Islam relevan dengan dinamika zaman yang senantiasa berubah dan membawa perubahan. Karya dari salah satu pemikir Islam Indonesia ini sangat menarik dan perlu dibaca.
- rof. Dr. M. Din Syamsuddin, Ketua Dewan Pertimbangan MUI

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Alvabet lainnya:

Preorder Buku Jurus Sehat Rasulullah
Buku Populer & Terlaris 2020
Buku Terbaik Karya Andrea Hirata
Buku Pelajaran Sekolah Terbaik 2020