Syekh Siti Jenar & Pemberontakan Mistiknya

  • Cover Syekh Siti Jenar & Pemberontakan Mistiknya
Rp 48.500
Hemat Rp 7.275
Rp 41.225
Judul
Syekh Siti Jenar & Pemberontakan Mistiknya
Penulis
No. ISBN
9786232444249
Penerbit
Tanggal terbit
November - 2020
Jumlah Halaman
294
Berat
310 gr
Jenis Cover
soft cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ··
Lokasi Stok
Stok Tersedia.
(Siap dikirim dalam 24 jam)
icon-help

DESCRIPTION

Demak Bintara geger karena ada seorang wali yang mengabaikan syariat. Ia dinilai murtad dengan capaian mistiknya yang kontroversial. Ia lalu dijemput secara paksa oleh para wali utusan Demak Bintara untuk mempertanggungjawabkan pemikiran dan prilaku keagamaannya yang dalam pandangan umum umat Islam saat itu menyimpang dari syariat: telah mengaku sebagai Tuhan. Ia adalah Syekh Siti Jenar. Persoalan ini semakin berkembang. Pandangan keagamaan Jenar bukan hanya dianggap merong-rong dan menistakan agama, tetapi juga dipandang merong-rong otoritas politik. Sebab, dasar para petinggi Demak untuk menghukum Siti Jenar juga karena kekhawatiran mereka terhadap legitimasi kerajaan yang baru berdiri. Sebagaimana diketahui, ajaran Siti Jenar menitikberatkan bahwa hanya ada satu pemimpin, yakni Tuhan semesta alam. Dengan demikian, Siti Jenar beranggapan bahwa Raja Bintara tidak berhak atas klaim kekuasaan apapun. Era sekarang ini yang riuh-gaduh dengan persoalan keberagaman kiranya menarik bila dibaca dengan teks Syekh Siti Jenar.

Buku-buku yang membahas Siti Jenar sudah cukup banyak. Rata-rata membahas riwayat, ajaran tasawuf, kemelut politik, yang tentu saja diambil dari sumber historiografi yang memuat kisahnya. Hanya saja kerapnya perbandingan teks yang dinukil dari sumber-sumber historiografi yang memuat Siti Jenar dilakukan sepotong-sepotong. Telaah ajaran Siti Jenar yang pernah ada memang disusun dari berbagai sumber tapi belum disajikan secara utuh berdasarkan naratif-naratif yang memuat kisahnya. Seringnya pengkajian Siti Jenar disimpulkan dari berbagai naratif yang berasal dari banyak sumber yang berbeda tahun penciptaannya. Hal ini tentu berpengaruh pada teks yang terkandung di dalamnya. Buku ini merupakan kajian dari korpus naskah tertua tradisi Jawa, yang selanjutnya menjadi inspirasi penyalinan kisah Syekh Siti Jenar yang populer di Jawa pada abad ke-XIX.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Mueeza lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020