Larung: lanjutan novel Saman buah karya Ayu Utami

  • Cover Larung: lanjutan novel Saman buah karya Ayu Utami
  • Cover Larung: lanjutan novel Saman buah karya Ayu Utami
Rp 70.000
Hemat Rp 3.500
Rp 66.500
Judul
Larung: lanjutan novel Saman buah karya Ayu Utami
Penulis
No. ISBN
9786024242862
Penerbit
Tanggal terbit
Juni - 2020
Jumlah Halaman
220
Berat
150 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
145x200mm
Kategori
Fiksi
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

"Larung adalah lanjutan novel Saman. Di penghujung masa Orde Baru, Saman telah tinggal di New York sebagai pelarian politik. Ia bertemu lagi dengan empat sahabat yang dulu membantu ia kabur dari Indonesia: Shakuntala, Cok, Yasmin, dan Laila. Kini mereka memiliki misi baru: membantu aktivis mahasiswa kiri melarikan diri dari kejaran rezim militer. Misi ini dibantu oleh seorang pemuda misterius dengan karakter gelap: Larung.

Akankah misi itu berhasil? Ataukah Larung justru menyeret mereka ke dalam kegelapan? Larung telah diterjemahkan ke dalam bahasa Belanda."

REVIEW Larung: lanjutan novel Saman buah karya Ayu Utami

Oleh : ernee, 04 Feb 2008-08:15:35

Rating
+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating
Larung adalah novel kedua karya Ayu Utami yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia. Novel ini adalah kelanjutan dari Saman yang pada awalnya dua novel tersebut direncanakan sebagai buku berjudul Laila Tak Mampir di New York. Dalam proses pengerjaan, beberapa sub plot berkembang melampaui rencana. Pada akhirnya Saman dan Larung merupakan dwilogi yang berdiri sendiri. Pada buku ini bertambah lagi satu tokoh utama bernama Larung Lanang selain tokoh-tokoh sebelumnya Laila, Shakuntala, Saman dan Yasmin.

Novel 'Larung' dimulai dengan pembaca diperkenalkan kepada watak Larung, seorang manusia dengan sejarah hitam, yang mencoba mengarungi hidupnya dengan segala-galanya yang membelenggu jiwanya. Kisah hidupnya penuh liku-liku, ditambah lagi dengan kehadiran neneknya, seorang "makhluk yang dari mulutnya yang tremor keluar kotoran dan kekejian."

Larung mempunyai seorang nenek dengan kuasa mistik luar biasa. Beliau menganggap neneknyalah yang telah menyebabkan kematian ibunya. Kematian neneknya sendiri menjadi misteri. Ayu Utami membuka novel 'Larung' dengan kematian nenek Larung (yang dilakukan secara euthanasia oleh Larung sendiri). Dari awal pembukaan novel ini saja sudah mampu membuat pembaca mengamati tulisan Ayu dengan penuh minat.

Dalam 'Larung', Ayu lebih menitik beratkan kepada soal deskriptif yang lebih visual dan berani. Ada kalanya erotis. Pastinya novel 'Larung' ini lebih sesuai untuk pembaca-pembaca dewasa yang matang.

Di novel ini Ayu juga banyak menceritakan tentang politik melalui apa yang terpaksa dilalui oleh watak-wataknya. Ungkapan liku-liku sejarah Partai Komunis Indonesia, sampai pada penyerbuan pejabat Partai Demokrasi Indonesia yang dikuasai pendukung Megawati Soekarnoputri yang dikenal dengan Peristiwa 27 Juli 1996 ada disebutkan sekali. Sesekali juga disebut nama-nama pemikir kiri kontemporari seperti Gramsci dan Chomsky, selain haluan ideologi komunisme dan sosialisme. Sedangkan adegan di atas ranjang yang terdapat dalam novel ini diselang-selikan dengan tema politik juga sosio-politik. Pendekatan Ayu terhadap watak-watak yang mendukung semangat feminisme progresif seperti Yasmin, Shakuntala, dan nenek Larung juga amat menyegarkan.

Begitulah tokoh-tokoh fiksi Ayu Utami.

Sesungguhnya novel Larung adalah sebuah upaya artistik untuk mengejek lembaga agama dengan segala perangkat dan ajarannya. Maka eforia reformasi ini memang mempunyai peluang untuk menyampaikan pikiran seperti itu, dan Ayu Utami memanfaatkan momen ini.

ABOUT AUTHOR

Justina Ayu Utami atau dikenal Ayu Utami adalah aktivis jurnalis dan novelis Indonesia. Beliau besar di Jakarta dan menamatkan kuliah di Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI).

Ayu dikenal sebagai novelis sejak Saman memenangi sayembara penulisan roman Dewan Kesenian Jakarta 1998. Berkat Saman pula, Ayu mendapat Prince Claus Award 2000 dari Prince Claus Fund, sebuah yayasan yang bermarkas di Den Haag. Kini Ayu bekerja di jurnal kebudayaan Kalam dan di Teater Utan Kayu.

(dirangkum dari Goodreads oleh Team Bukukita)

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Fiksi terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Ayu Utami lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Kpg lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020