Petani dan Penguasa: Dinamika Perjalanan Politik Agraria Indonesia

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating
4.8 avg rating - 5 Goodreads ratings
  • Cover Petani dan Penguasa: Dinamika Perjalanan Politik Agraria Indonesia
Rp 75.000
Hemat Rp 11.250
Rp 63.750
Judul
Petani dan Penguasa: Dinamika Perjalanan Politik Agraria Indonesia
No. ISBN
9786020857275
Tanggal terbit
April - 2017
Jumlah Halaman
316
Berat Buku
450 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Sosial-Politik
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ··
Lokasi Stok
Stok Tersedia. icon-help

DESCRIPTION

Persoalan sengketa tanah saat ini sudah gawat. Berbagai kasus tanah, dari tahun 80-an hingga sekarang masih saja menyisakan tragedi luar biasa. Bentuk manipulasi dan kekerasan dalam penanganan kasus tanah masih dominan. Malahan beberapa kasus tanah menggunakan berbagai teror dan pemakaian senjata yang berakibat banyak jatuh korban. Dalam rangkaian kisah-kisah pelanggaran, buku ini muncul sebagai upaya untuk membeberkan secara komplet persoalan tanah. Noer Fauzi menempatkan UUPA sebagai referensi penting  dari uraian-uraian masa perjalanan politik agraria Indonesia baik sebelum maupun sesudah diberlakukannya UUPA. Buku ini memandang faktor perubahan struktural menjadi kunci pemecahan masalah-masalah tanah.

Melalui buku ini, pembaca akan diantar dan terlibat dalam persoalan yang menyangkut petani dengan tanahnya. Nasib sejak zaman sejarah Indonesia merdeka hingga zaman pasca-reformasi belum banyak mengubah nasib petani.

****

Buku ini secara meyakinkan menunjukkan kondisi dan perjuangan petani serta berbagai kebijakan dan arah politik penguasa yang dipengaruhi oleh konteks global dan respon lokal. Saya menggunakan buku Petani dan Penguasa ini untuk mengajar mata kuliah Politik Agraria. Pendekatannya yang menggabungkan antara tinjauan sejarah dalam merekam politik agraria sejak era feodal, kolonial hingga Indonesia masa Orde Baru, serta proposalnya menggunakan pendekatan ekonomi politik sangatlah menantang, di tengah kecenderungan studi agraria yang didominasi oleh kajian hukum agraria yang normatif saat itu, serta kajian politik yang menitikberatkan peran sentral institusi negara dan melupakan konteks global serta respon lokal tersebut. Ditulis oleh seorang aktivis saat itu, buku ini memiliki pengecualian sebab memberi contoh bagaimana ia ditulis secara eruditif, sehingga menempatkan penulisnya pada posisi scholar-activist sebagaimana dikenal saat ini: kerja ilmiah untuk melakukan perubahan (keadilan agraria), atau kerja aktivis yang dipandu oleh riset mendalam.

- Ahmad Nashih Luthfi, Dosen Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sosial-Politik terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Karya Noer Fauzi Rachman lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Diandra Primamitra lainnya:

Buku pengembangan Maret 2019
Buku Populer & Terlaris 2019
Resep Masakan 2019
Pelajaran Sekolah 2019