Contextual Teaching & Learning-(Republish)

  • Cover Contextual Teaching & Learning-(Republish)
Rp 75.000
Hemat Rp 3.750
Rp 71.250
Judul
Contextual Teaching & Learning-(Republish)
No. ISBN
9789791284677
Penerbit
Tanggal terbit
Oktober - 2010
Jumlah Halaman
352
Berat
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Pendidikan & Pengajar
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Indonesia, salah satu negara berkembang yang selalu disibukkan dengan berbagai permasalahan, terutama lapangan kerja yang sampai saat ini belum terpecahkan. Jika melihat fenomena ribuan pengangguran, baik yang tidak bergelar ataupun yang bergelar S1 bahkan S2, pendidikan seolah-olah tidak berguna. Pelajar dan mahasiswa, bahkan para sarjana kehilangan makna dari apa yang mereka geluti setiap hari sampai lelah.

Belajar Matematika, Sejarah, Agama, Pancasila, Managemen, Ekonomi dan lain sebagainya baru sebatas pengetahuan kognitif yang dipersiapkan menghadapi ujian sebagai penentu kelulusan, bukan sikap yang muncul dari pemaknaan terhadap semua ilmu yang dipelajari sehingga muncul berupa sikap atau karya. Elaine B. Johnson, Ph.D melalui buku berjudul Contextual Teaching and Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna memberikan terobosan baru untuk dunia pendidikan, agar proses pembelajaran dan hasil setelahnya lebih bermakna dan lebih bermanfaat.

Dalam Contextual Teaching and Learning (CTL) ada tujuh strategi yang mesti ditempuh. Ketujuh strategi ini sama pentingnya dan semuanya proporsional dan rasional. Pertama, pengajaran berbasis problem. Kedua, menggunakan konteks yang beragam. Ketiga, mempertimbangkan kebhinekaan siswa. Keempat, memberdayakan siswa untuk belajar sendiri. Kelima, belajar kolaborasi. Keenam, menggunakan penilaian autentik. Ketujuh, mengejar standar tinggi. (halaman 21-22) Tujuh strategi di atas memang melibatkan fungsi otak peserta didik atau pembelajar secara maksimal karena memang CTL menargetkan hasil belajar dengan kualitas tinggi.

Di dalam CTL, bukan peserta didik saja yang dituntut menggunakan fungsi otak secara maksimal tapi guru atau dosen juga, bahkan harus lebih maksimal ketimbang peserta didik atau mahasiswa. Mengajar berbasis problem, peserta didik dikenalkan dan dilibatkan dalam berbagai macam problem dan permasalahan yang ada di sekeliling kehidupannya, bahkan dengan berbagai konteks yang beragam agar nantinya mampu memahami dan bersikap yang positif dalam berbagai macam kondisi kehidupan.

CTL adalah sebuah pendekatan sekaligus metode pembelajaran yang merupakan puncak perjalanan metode- metode pembelajaran mutakhir yang ditawarkan sebagai sebuah pendekatan holistik dalam pendidikan. Bukan sekadar menarik dan menyenangkan, tapi juga mampu memberikan makna yang dapat digunakan oleh semua siswa, baik bagi siswa yang sangat berbakat maupun siswa yang mengalamai kesulitan belajar. Sehingga, semua siswa atau mahasiswa yang berbeda kemampuannya, dengan pendekatan CTL ini bisa menemukan makna dari apa yang mereka pelajari.

Keampuhan CTL terletak pada kesempatan yang diberikan kepada semua siswa untuk mengembangkan harapan dan bakat mereka dengan konsep belajar-mengajar yang membantu guru mengaitkan pembelajaran dengan dunia nyata. CTL merupakan konsep belajar tanpa membebani anak, tapi malah menyenangkan. Kenapa harus menyenangkan? Karena kalau tidak menyenangkan maka kerja otak tidak bekerja dan berfungsi secara maksimal.

Peresensi adalah Abdul Hopid, pendidik, Alumni Ponpes Darussalam Ciamis Jabar. 

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Pendidikan & Pengajar terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020