The Urgency of Change - Mendesaknya Kebutuhan Perubahan (Edisi Baru)

  • Cover The Urgency of Change - Mendesaknya Kebutuhan Perubahan (Edisi Baru)
Rp 40.000
Hemat Rp 2.000
Rp 38.000
Judul
The Urgency of Change - Mendesaknya Kebutuhan Perubahan (Edisi Baru)
No. ISBN
-
Tanggal terbit
1982
Jumlah Halaman
-
Berat
350 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Spiritualitas
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Intisari ajaran Krishnamurti terkandung dalam pernyataan yang dibuatnya pada thaun 1929, ketika ia berkata, 'Kebenaran adalah negeri tanpa jalan'. Manusia tidak bisa sampai ke situ melalui organisasi apapun, melalui kepercayaan apapun, melalui dogma, pendeta atau ritual apapun, tidak pula melalui pengetahuan filosopis atau teknik psikologis. Ia harus menemukannya melalui cermin relasi, melalui pemahaman akan visi batinnya sendiri, melalui pengamatan dan bukan melalui analisis intelektual atau pembedahan introspektif. Manusia telah membangun di dalam dirinya citra-citra (images) sebagai pagar keamanan - religius, politis dan pribadi. Ini terwujud sebagai simbol, ide dan kepercayaan. Beban citra-citra ini mendominasi pemikiran, relasi dan kehidupan sendiri - hari manusia. Citra-citra inilah penyebab dari masalah-masalah kita, oleh karena mereka memisahkan manusia dari manusia. Persepsinya mengenai kehidupan dibentuk oleh konsep-konsep yang telah tertanam dalam batinnya. Isi kesadarannya adalah seluruh eksistensinya. Isi ini sama bagi seluruh kemanusiaan. Individualitas adalah nama, wujud dan budaya superfisial yang diperolehnya dari tradisi dan lingkungan. Keunikan manusia bukan terletak pada yang superfisial, melainkan pada kebebasan sepenuhnya dari isi kesadarannya, yang sama bagi seluruh umat manusia. Jadi ia bukanlah individu.

MANUSIA BARU
(bab 33)
Penanya: Saya seorang pembaharu, seorang pekerja sosial. Melihat ketidakadilan yang luar biasa di dunia, seluruh kehidupan saya dipersembahkan untuk memperbaiki. Dahulu saya seorang komunis, tetapi saya sudah tidak bisa sejalan lagi dengan paham komunis, karena komunisme telah berakhir menjadi tirani. Namun demikian saya tetap mengabdikan diri saya untuk memperbaiki masyarakat agar manusia dapat hidup dengan harga diri, keindahan dan kebebasan, dan menyadari potensi yang rupanya diberikan oleh alam padanya, dan yang agaknya ia sendiri telah selalu mencurinya dari manusia lainnya. Di Amerika terdapat suatu macam kebebasan, namun demikian standarisasi dan propaganda sangat kuat disitu - seluruh media massa secara aktif melakukan tekanan yang hebat terhadap batin orang.  Rupanya kekuasaan televisi, benda mekanis yang ditemukan manusia ini, telah mengembangkan pribadinya sendiri, kemauannya sendiri, momentumnya sendiri; dan sekalipun ada kemungkinan bahwa tidak seorangpun - barangkali tidak satu kelompok pun - menggunakannya dengan sengaja untuk mempengaruhi masyarakat, tetapi televisi cenderung membentuk jiwa anak-anak kita. Dan yang sama terjadi di semua negara demokrasi walaupun dalam tingkat yang berbeda-beda. Di Cina rupanya tidak ada harapan sama sekali bagi martabat ataupun kebebasan manusia, sedangkan di India pemerintahannya lembek, korup dan tidak efisien. Saya rasa seluruh ketidak-adilan sosial di dunia memang harus diubah. Saya ingin sekali melakukan sesuatu demi perbaikan itu, namun saya tidak tahu dimana harus memulai untuk melaksanakannya.

Krishnamurti: Reformasi membutuhkan reformasi lebih lanjut, dan ini merupakan suatu proses tanpa akhir.  Karenanya marilah kita melihat masalah ini secara lain. Marilah kita mengesampingkan seluruh pikiran tentang reformasi; biarlah itu kita lenyapkan dari batin kita. Marilah kita melupakan seluruh ide tentang ingin memperbaiki dunia. Lalu marilah kita melihat apa yang sesungguhnya terjadi, di seluruh dunia. Partai-partai politik selalu mempunyai program yang terbatas, yang sekalipun itu telah dilaksanakan, tanpa perkecualian membawa kerusakan yang kemudian harus diperbaiki lagi.  Kita selalu berbicara tentang tindakan politik sebagai suatu tindakan yang teramat penting, tetapi tindakan politik bukanlah jalannya. Marilah hal itu kita hilangkan dari pikiran kita. Seluruh perbaikain sosial dan ekonomi termasuk katagori ini. Lalu terdapat perintah keagamaan berdasarkan kepercayaan, idealisme, dogmatisme, penyesuaian terhadap apa yang disebut resep ilahi. Dalam semua ini terkandung otoritas dan sifat menerima, ketundukan dan pengingkaran kebebasan yang luar biasa. Sekalipun agama-agama bicara tentang perdamaian di dunia, mereka membantu menimbulkan ketidaktertiban oleh karena mereka adalah faktor pemisahan. Di masa silam gereja-gereja juga selalu mengambil suatu sikap politik dalam masa-masa genting. Jadi mereka sesungguhnya adalah badan-badan politik, dan kita telah melihat bahwa semua tindakan politik bersifat memisah. Gereja-gereja sesungguhnya tak pernah mengingkari peperangan : malah sebaliknya, mereka berperang. Jadi jika orang mengesampingkan resep-resep keagamaan, sebagaimana orang mengesampingkan formula-formula politik --- apakah yang tinggal dan apakah yang harus dilakukan orang ? Sudah tentu ketertiban umum harus dipelihara; kita perlu air dalam saluran air ledeng. Bila Anda menghancurkan ketertiban umum, Anda harus memulainya dari awal lagi. Jadi, apakah yang harus dilakukan orang ?

Penanya: Itulah yang sesungguhnya sedang saya tanyakan kepada Anda.

Krishnamurti: Taruhlah perhatian terhadap perubahan radikal, terhadap revolusi total. Satu-satunya revolusi adalah revolusi antara manusia dengan manusia, antara makhluk-makhluk manusia. Inilah satu-satunya hal yang menjadi perhatian kita. Dalam revolusi ini tidak ada pola-pola, tidak ada ideologi-ideologi, tidak ada utopia bersifat konsep. Kita harus menerima fakta dari antar hubungan manusia yang sesungguhnya ada dan mengubahnya secara radikal. Itulah yang harus dilakukan. Dan revolusi ini harus seketika, tidak boleh makan waktu. Revolusi ini tidak dicapai melalui evolusi, yang berarti jangka waktu.

Penanya: Apa yang Anda maksudkan? Semua perubahan-perubahan historis telah berlangsung dalam waktu; tak satupun di antaranya bersifat seketika. Anda mengusulkan sesuatu yang sama sekali tak terbayangkan.

Krishnamurti: Jika Anda menggunakan waktu untuk berubah, apakah Anda kira hidup itu berhenti selama waktu perubahan itu terjadi? Dia tidak berhenti. Segala sesuatu yang Anda coba untuk mengubahnya, diubah dan dilanjutkan oleh lingkungan, oleh hidup itu sendiri. Jadi tidak bisa berakhir. Itu sama halnya dengan membersihkan air dalam suatu tanki yang terus-menerus diisi dengan air kotor. Karena itu waktu bukan jalan keluarnya.
Nah kini, apakah yang akan membawa perubahan ini ? Tak mungkin kemauan, atau tekad atau pilihan, ataupun keinginan, karena semuanya itu merupakan bagian dari entitas yang harus diubah. Jadi kita harus bertanya apa yang sesungguhnya mungkin, tanpa tindakan dari kemauan dan ketegasan tuntutan yang selalu merupakan tindakan konflik.

Penanya: Apakah ada suatu tindakan yang bukan tindakan kemauan dan tuntutan?

Krishnamurti: Daripada kita mengajukan pertanyaan ini, marilah kita memasukinya lebih mendalam. Marilah kita melihat bahwa sesungguhnya hanyalah tindakan kemauan dan tuntutan yang memerlukan perubahan, oleh karena satu-satunya bahaya dalam antar hubungan adalah konflik, antara orang-orang atau dalam diri orang, dan konflik adalah kemauan dan tuntutan. Hidup tanpa tindakan seperti itu bukanlah berarti bahwa kita hidup seperti tanaman. Konflik adalah urusan utama kita. Semua penyakit sosial yang Anda sebutkan tadi adalah proyeksi dari konflik ini di dalam hati tiap-tiap manusia. Kemungkinan perubahan satu-satunya adalah transformasi radikal dari diri Anda sendiri dalam semua antar hubungan Anda, bukan dalam suatu masa depan yang kabur, melainkan sekarang.

Penanya: Tetapi bagaimanakah saya dapat melenyapkan secara keseluruhan konflik dalam diri saya sendiri ini, kontradiksi, penentangan, beban pengaruh ini? Saya mengerti secara intelektual apa yang Anda maksudkan, tetapi saya hanya dapat berubah, apabila saya merasakannya dengan penuh gairah, dan saya tidak merasakannya dengan penuh gairah. Itu hanya sebuah ide bagi saya; saya tidak melihatnya dengan hati saya. Jika saya mencoba bertindak berdasarkan pengertian intelektual ini, saya berada dalam konflik dengan bagian lain dari diri saya, bagian yang lebih dalam.

Krishnamurti: Apabila Anda sungguh-sungguh melihat kontradiksi ini dengan penuh gairah, maka persepsi itu sendiri adalah revolusi itu. Jika Anda melihat dalam diri Anda sendiri pemecah-belahan antara pikiran dan perasaan ini, sungguh-sungguh melihatnya, bukan melihatnya secara teoritis, tetapi sungguh-sungguh melihatnya, maka masalahnya berakhir sudah. Orang yang penuh gairah terhadap dunia dan terhadap mendesaknya perubahan, mestinya bebas dari semua aktivitas politik, konformitas agama dan tradisi yang berarti bebas dari bobot waktu, bebas dari beban masa silam, bebas dari semua tindakan kemauan; inilah dia manusia yang baru itu. Hanya inilah yang merupakan revolusi sosial, psikologis dan bahkan politis sekali pun.**

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Spiritualitas terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020