Pengukuran Psikologis

  • Cover Pengukuran Psikologis
  • Cover Pengukuran Psikologis
Rp 75.000
Hemat Rp 3.750
Rp 71.250
Judul
Pengukuran Psikologis
Penulis
No. ISBN
9786029187755
Tanggal terbit
Juni - 2014
Jumlah Halaman
-
Berat
350 gr
Jenis Cover
soft cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Psikologi
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Pengukuran psikologis atau psikometri merupakan salah satu bidang kajian dalam psikologi yang bisa disebut sarat silang pendapat. Sebagai subdisiplin yang mendasarkan diri pada asumsi-asumsi positivistik-esensialistik-realistik, dia cenderung "dimusuhi" bahkan oleh saudara-saudaranya sendiri di lingkungan psikilogi yang memilih mengikuti asumsi-asumsi konstruktivistik-hermeneutik-interpretatif, dan diaggap ketinggalan zaman. Dalam intervensi psikologis di liingkungan klinis, berkat peran utamanya mensuplai data untuk keperluan diagnosis dia dituduh merendahkan martabat psikolog dengan menempatkannya inferior di bandingkan profesional lain, psikiater misalnya, serta mereduksi sumbangannya sebagai sekedar "tukang tes". Buku ini mencoba membantu menepis tudingan-tudingan tersebut dengan cara menunjukkan posisi dan peran pengukuran psikologis menurut proporsinya.


Dalam kurikulum program S-1 Psikologi di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, kajian tentang pengukuran psikologis diolah dalam tiga mata kuliah yang bisa disebut sebagai sejenis "trilogi", yaitu psikometri, Konstruksi Tes, dan Penyusunan Skala Psikologis. Psikometri menyajikan dasar-dasar konseptualteoretis tentang pengukuran psikologis. Penerapannya dalam rangka penyusunan maximal performance tests meliputi aptitude test atau tes bakat dan achievement tests atau tes prestasi di olah dalam mata kuliah konstruksi test. Penerapannya dalam rangka penyusunan typical performance test meliputi berbagai jenis inventori kepribadian diolah dalam mata kuliah Penyusunan Skala Psikologis. Buku ini mencoba menyajikan tiga materi tersebut dalam satu kesatuan. Dengan begitu di harapkan mahasiswa maupun para pembaca umum terbantu memahami aneka konsep pengukuran psikologis beserta penerapannya dalam satu kesatuan pengertian.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Psikologi terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya A. Supratiknya lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Diandra Primamitra lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020