Psikologi Raos dalam Wayang

+1 rating+1 rating+1 rating+0.5 rating+0 rating
3.6 avg rating - 5 Goodreads ratings
  • Cover Psikologi Raos dalam Wayang
Rp 78.000
Hemat Rp 11.700
Rp 66.300
Judul
Psikologi Raos dalam Wayang
No. ISBN
9789791685290
Penerbit
Tanggal terbit
Februari - 2018
Jumlah Halaman
368
Berat Buku
400 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
145x210mm
Kategori
Kebudayaan
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help

DESCRIPTION

Inti Rasa dalam Keagungan Mistik Kejawen

Banyak rahasia yang berkaitan dengan raos di dalam tokoh-tokoh wayang. Wayang merupakan representasi psikologi raos. Raos, dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu raos njaba dan raos njero. Raos njaba bersifat fisik, jasmaniah, yang memiliki tuntutan badaniah. Dalam lakon wayang seringkali terjadi perebutan negara, senjata, wahyu, dan peperangan. Seolah-olah mengatakan bahwa lakon wayang membangun konflik. Sedangkan raos njero lebih bersifat mistis, memiliki tuntutan spiritualistik. Raos semacam ini diwujudkan oleh perbuatan tokoh-tokoh wayang yang ingin ngudi kasampurnan, artinya berupaya menemukan hakikat hidup. Contohnya tokoh Abimanyu yang berguru kebatinan kepada Begawan Abiyasa. Wejangan-wejangan dalam wayang, seperti Sastra Jendra Hayuningrat milik Begawan Wisrawa, anugerah para dewa, juga mewujudkan arah raos njero.

Dari Kumbakarna, putra dari Begawan Wisrawa dan Dewi Sukesi, kita dapat belajar bahwa ada raksasa yang berbudi pekerti luhur. Sedangkan pelajaran yang dapat kita ambil dari tokoh Begawan Wisrawa dan Dewi Sukesi adalah supaya tidak putus berusaha, rela berprihatin, bertapa dan semadi untuk menebus dosa, hingga lahirlah buah kesabaran mereka, yaitu Gunawan Wibisana yang sempurna.

Tujuan umum buku ini adalah supaya budaya lokal warisan agung ini tak makin tergerus oleh badai budaya massa dan asing yang masuk, yang dipenuhi dengan narasi-narasi, ikon-ikon, dan sensasi-sensasi yang kurang sesuai dengan kepribadian bangsa. Buku ini adalah pemaparan praktis tentang raos-raos atau rasa-rasa yang dapat membentuk karakter manusia melalui refleksi dari lakon-lakon pementasan wayang Jawa yang akan membantu Anda memahami kawruh raos atau ilmu rasa dalam jiwa.

Selamat membaca!
+ Lihat selengkapnya

Goodreads Review Psikologi Raos dalam Wayang

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Kebudayaan terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Karya Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M. Hum lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Pustaka Narasi lainnya:

Buku pengembangan Maret 2019
Buku Populer & Terlaris 2019
Resep Masakan 2019
Pelajaran Sekolah 2019