Pertempuran Laut Jawa

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0.5 rating
4.33 avg rating - 6 Goodreads ratings
  • Cover Pertempuran Laut Jawa
Rp 30.000
Hemat Rp 1.500
Rp 28.500
Judul
Pertempuran Laut Jawa
No. ISBN
9786021921814
Tanggal terbit
April - 2012
Jumlah Halaman
106
Berat
-
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Sejarah Indonesia
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Setelah sukses menghantam Pearl Harbour, Jepang semakin gencar mengadakan ekspansi militernya. Didorong oleh motif untuk memperoleh cadangan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan industrinya serta ambisi untuk membangun imperium Jepang Raya, Jepang melancarkan operasi militer ekstensif ke kawasan-kawasan Asia lainnya, termasuk Indonesia yang dahulu masih dikenal dengan nama Hindia Belanda.

Semangat ini tidak lain adalah hasil dari konsep Hakko Ichiu yang pertama kali diungkapkan oleh Jimmu Tenno, salah satu Kaisar Jepang pada 600 Sebelum Masehi. Konsep ini memiliki arti "delapan penjuru di bawah satu". Maksudnya, orang Jepang mempunyai anggapan bahwa seluruh dunia merupakan keluarga besar, dan Jepang sebagai keturunan dewa menjadi pemimpin seluruh dunia. Ada dua tahap dalam mewujudkan konsep Hakko Ichiu. Tahap pertama, membentuk lingkungan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya yang meliputi kawasan Asia Tenggara dengan Jepang, Cina, dan Mancukuo (Manchuria) sebagai tulang punggungnya. Tahap pertama ini akan dicapai selama Perang Dunia II dengan jalan menjalankan beberapa langkah politik global yang disokong kekuatan militer. Tahap kedua, merupakan pengembangan Lingkungan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya, meliputi Sri Langka, Australia, Selandia Baru, Oseania, sebagian Amerika Utara dan negara-negara di Amerika Tengah.

Khusus untuk menguasai Indonesia, para petinggi militer Jepang menerjemahkan konsep ini menjadi apa yang dikenal sebagai Gurita. Dari barat, wilayah Sumatra diserbu melalui semenanjung Malaya. Di timur, Manado direbut pasukan yang juga berangkat dari Mindanao, Filipina. Dengan gerakan yang cepat dan efektif, militer Jepang mencaplok satu demi satu wilayah Indonesia yang sebelumnya dikuasai Belanda hingga akhirnya, terjadi pertempuran besar yang menandai takluknya pasukan Sekutu kepada Jepang: Pertempuran Laut Jawa. Melalui pertempuran inilah Jepang berhasil menunjukan superioritasnya atas pasukan-pasukan dari Eropa dan sekaligus menguasai Indonesia.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sejarah Indonesia terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020