Serat Dewa Ruci

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating
4 avg rating - 1 Goodreads ratings
  • Cover Serat Dewa Ruci
Rp 150.000
Hemat Rp 30.000
Rp 120.000
Judul
Serat Dewa Ruci
No. ISBN
9786025792373
Penerbit
Tanggal terbit
April - 2019
Jumlah Halaman
700
Berat
800 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
145x210mm
Kategori
Sejarah Indonesia
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
(Pesanan membutuhkan waktu proses 2-4 hari kerja)
icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Ditulis berdasar rontal Sanghyang Nawaruci oleh Mpu Siwamurti menjelang akhir Kerajaan Majapahit. Sebuah naskah berbahasa Jawa Kawi Akhir, yang menuturkan pencarian Raden Wrkodhara akan kesejatian hidup sehingga mendapat anugerah bertemu Sanghyang Nawaruci di tengah samudera. Satu perwujudan Sanghyang Acintya pranesa, Tuhan Tak Tergambarkan yang Memiliki Kehendak Tertinggi. Juga berdasar kisah tutur perjalanan hidup Syekh Malayakusuma (Kangjeng Susuhunaning Kalijaga) ketika bertemu Kangjeng Nabi Khidlir di tengah samudra sehingga dari pertemuan tersebut Syekh Malayakusuma mendapat mukasyafah atau penyingkapan hijab yang luar biasa, maka Raden Ngabehi Yasadipura I, dibantu sepenuhnya oleh putranya Raden Ngabehi Yasadipura II,mereka berdua adalah para pujangga agung Kasunanan Surakartamenggubah kisah kuno rontal Sanghyang Nawaruci dan kisah tutur Syekh Malayakusuma dalam satu naskah berbahasa Jawa Anyar (Baru) yang diberi judul: Serat Bhimasuci atau Serat Dewaruci.

Naskah yang ditulis dalam bentuk tembang gedheyaitu tembang yang aturan pembuatannya menyerupai pembuatan kakawin masa Jawa Kunodengan apik menuturkan perjalanan spiritual Raden Wrekudara ketika mencari Tirta Pawitrasari (air yang dapat menyucikan jiwa raga) atas petunjuk Dhangnyang Druna yang bermaksud menyesatkannya. Di tengah samudera raya Raden Wrekudara menjumpai sosok manusia bajang (kecil) yang memiliki perwujudan tak ubahnya seperti dirinya sendiri. Sosok itulah Sang Dewaruci. Dia sebenarnya adalah perwujudan dari Suksma Sejati (Ruh) Raden Wrekudara.

Dari pertemuan agung tersebut, Raden Wrekudara segera beroleh Johar Awal (Jauhar Awwal), yaitu kecemerlangan awal, yang merupakan kecemerlangan Ruh-nya yang sempat redup ketika dirinya terlahirkan ke dunia. Lantas, bagaimanakah Sang Bhima dapat mencapai kesempurnaan dan Sang Bajang atau Dewaruci dapat melebur atas sukma dalam dirinya. Perhatikan kisah ini, Anda pun akan meraih kebijaksanaan.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sejarah Indonesia terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Damar Shashangka lainnya:

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020