Analisis Jaringan Komunikasi

  • Cover Analisis Jaringan Komunikasi
Rp 171.000
Hemat Rp 25.650
Rp 145.350
Judul
Analisis Jaringan Komunikasi
Penulis
No. ISBN
9786021186480
Penerbit
Tanggal terbit
2015
Jumlah Halaman
452
Berat
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Komunikasi
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Metode Analisis Jaringan Komunikasi (Communication Network Analysis) merupakan salah satu metode yang kini berkembang pesat dan banyak digunakan akhir-akhir dalam penelitian atau studi Ilmu Komunikasi atau ilmu sosial lainnya. Metode ini mempunyai pendekatan yang berbeda dengan metode lain seperti survei dan eksperimen. Metode Communication Network Analysis (CNA) ini memfokuskan pada data mengenai relasi, konteks relasi, dan posisi aktor dalam struktur sosial. Penelitian jaringan lebih menekankan pada aktor dan relasi di antara aktor. Penekanan pada data aktor dan relasi ini akan memberikan gambaran mengenai proses terbentuknya fenomena atau peristiwa komunikasi dan aktor yang menentukan dalam struktur komunikasi.

Referensi penting ini merupakan pengantar awal dalam memahami metode jaringan komunikasi. Diharapkan melalui buku ini pembaca dapat mengenal secara ringkas metode jaringan komunikasi. Bagian penting substansi isi buku ini menguraikan konsep dasar dan metode jaringan komunikasimulai dari desain penelitian, populasi dan penarikan sampel, pengumpulan data hingga perhitungan statistik. Dalam buku ini dilengkapi pula dengan tutorial penggunaan UCINET salah satu perangkat lunak metode jaringan komunikasi yang paling banyak dipakai pada masa kini; serta studi kasus analisis jaringan komunikasi menggunakan data dokumen.

Buku ini tidak saja menyajikan teori dan analisis jaringan, namun juga memberikan strategi praktis dalam penelitian Ilmu Komunikasi dan ilmu sosial lainnya; antara lain: (1) Apa itu metode jaringan komunikasi?, karakteristik metode jaringan, kelemahan studi jaringan, perkembangan studi jaringan, jaringan sosial vs. jaringan komunikasi; (2) Istilah dan konsep dasar jaringan komunikasi; Istilah dan konsep dasar jaringan komunikasi; (3) Desain metode jaringan komunikasi; (4) Populasi dan sampel; (5) Pengumpulan data: wawancara menggunakan kuesioner; (6) Pengumpulan data: arsip/dokumen; (7) Membuat data relasional; (8) Analisis data: jaringan utuh (complete network); (9) Analisis data: jaringan berpusat pada ego (ego networks); dan (10) Etika penelitian.

DAFTAR ISI

   
BAB 1 PENDAHULUAN
BAB 2 ISTILAH DAN KONSEP DASAR JARINGAN  KOMUNIKASI
BAB 3 DESAIN METODE JARINGAN KOMUNIKASI
BAB 4 POPULASI DAN SAMPEL
BAB 5 PENGUMPULAN DATA: WAWANCARA MENGGUNAKAN KUESIONER
BAB 6 PENGUMPULAN DATA: ARSIP/DOKUMEN
BAB 7 MEMBUAT DATA RELASIONAL
BAB 8 ANALISI DATA: JARINGAN UTUH (COMPLETE NETWORK)
BAB 9 ANALISI DATA: JARINGAN BERPUSAT PADA EGO (EGO NETWORKS)
BAB 10 ETIKA PENELITIAN

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Komunikasi terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Karya Eriyanto lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Kencana lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku Masakan Terpopuler